Pemerintahan

2020, TIK Diskominfo Siap Wujudkan Smart City 

Muhammad Fadil

Kota Bima, Bimakini.- Mewujudkan agenda besar Pemkot Bima menjadikan Kota Bima menjadi kota Smart City di tahun 2020, Dinas Komunikasi dan Informatika (DisKominfo) berencana akan membangun gedung Pusat Komando Informasi (Command Center).

Program priotitas tersebut untuk mempermudah akses informasi oleh publik. Baik oleh pemerintah daerah melalui kepala daerah serta masyarakat yang ingin mengetahui setiap kegiatan dan pelaksanaan program Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kabid Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Diskominfo Kota Bima, Muhammad Fadil diwawancara di ruang kerjanya, Selasa (25/6) menyampaikan, bahwa Command center ini berfungsi memudahkan pengawasan dan pengontrolan, setiap pelaksanaan kegiatan instansi. Sehingga dengan mudah bisa memantau pelaksanaan program kerja, dan kinerja aparatur itu sendiri selama jam dinas.

“Kepala daerah bisa memantau langsung, kinerja aparaturnya. Apakah sudah berjalan dengan baik, atau tidak sama sekali,” ujarnya.

Dengan dibangunnya command center itu, maka Diskominfo Kota Bima dapat memantau secara langsung, pelaksanaan kegiatan OPD lingkup pemerintah Kota Bima. Terutama bagi kepala daerah, yang ingin mengawasi langsung kinerja aparaturnya.

“Hasil pengawasan dan pemantauan oleh kepala daerah, dapat menjadi bahan acuan untuk mengevaluasi kinerja bawahannya dalam memberikan pelayanan,” katanya.

Mewujudkan itu semua, saat ini Pemerintah Kota Bima melalui Diskominfo telah meluncurkan sejak lama website resmi pemerintah daerah, yang berisikan semua data dan informasi kerja setiap OPD.

Hanya saja sebagaian besar saat ini, bagian admin setiap OPD belum mampu bekerja maksimal untuk memanfaatkan setiap portal masing-masing OPD. Memaksimalkan pemanfaatan website tersebut, dalam waktu dekat akan memantau langsung kegiatan admin setiap OPD.

Agar diketahui apa saja kendala selama ini, sehingga kegiatan OPD tidak pernah diposting setiap program kerja di website resmi.  “Kami siap membantu dari sisi tekhnis, agar penyampaian informasi kepada pemerintah dan juga masyarakat tersosialisasi dengan baik,” tegasnya.

Fadil menambahkan, bahwa saat ini pihaknya dapat memantau pelaksanaan program kegiatan masing-masing OPD memalui monitor yang ada. Serta dapat mengetahui, jumlah kerja setiap OPD dalam hitungan hari, bulan dan juga tahunan. Hanya saja masih terdapat beberapa OPD yang tidak terlihat melaksanakan kegiatan, karena tidak pernah terlihat dalam postingan kegiatan.

“Apakah ini terkendala pada admin yang belum memposting kegiatan, atau ada hal non tekhnis lainnya akan kami cari tahu. Sebab kami ingin keterbukaan informasi ini, bisa diketahui oleh publik. Sehingga Kota Bima bisa menjadi kota smart city,” harapnya. (DED)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 22
    Shares
To Top