Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

2020, TIK Diskominfo Siap Wujudkan Smart City 

Muhammad Fadil

Kota Bima, Bimakini.- Mewujudkan agenda besar Pemkot Bima menjadikan Kota Bima menjadi kota Smart City di tahun 2020, Dinas Komunikasi dan Informatika (DisKominfo) berencana akan membangun gedung Pusat Komando Informasi (Command Center).

Program priotitas tersebut untuk mempermudah akses informasi oleh publik. Baik oleh pemerintah daerah melalui kepala daerah serta masyarakat yang ingin mengetahui setiap kegiatan dan pelaksanaan program Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kabid Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Diskominfo Kota Bima, Muhammad Fadil diwawancara di ruang kerjanya, Selasa (25/6) menyampaikan, bahwa Command center ini berfungsi memudahkan pengawasan dan pengontrolan, setiap pelaksanaan kegiatan instansi. Sehingga dengan mudah bisa memantau pelaksanaan program kerja, dan kinerja aparatur itu sendiri selama jam dinas.

“Kepala daerah bisa memantau langsung, kinerja aparaturnya. Apakah sudah berjalan dengan baik, atau tidak sama sekali,” ujarnya.

Dengan dibangunnya command center itu, maka Diskominfo Kota Bima dapat memantau secara langsung, pelaksanaan kegiatan OPD lingkup pemerintah Kota Bima. Terutama bagi kepala daerah, yang ingin mengawasi langsung kinerja aparaturnya.

“Hasil pengawasan dan pemantauan oleh kepala daerah, dapat menjadi bahan acuan untuk mengevaluasi kinerja bawahannya dalam memberikan pelayanan,” katanya.

Mewujudkan itu semua, saat ini Pemerintah Kota Bima melalui Diskominfo telah meluncurkan sejak lama website resmi pemerintah daerah, yang berisikan semua data dan informasi kerja setiap OPD.

Hanya saja sebagaian besar saat ini, bagian admin setiap OPD belum mampu bekerja maksimal untuk memanfaatkan setiap portal masing-masing OPD. Memaksimalkan pemanfaatan website tersebut, dalam waktu dekat akan memantau langsung kegiatan admin setiap OPD.

Agar diketahui apa saja kendala selama ini, sehingga kegiatan OPD tidak pernah diposting setiap program kerja di website resmi.  “Kami siap membantu dari sisi tekhnis, agar penyampaian informasi kepada pemerintah dan juga masyarakat tersosialisasi dengan baik,” tegasnya.

Fadil menambahkan, bahwa saat ini pihaknya dapat memantau pelaksanaan program kegiatan masing-masing OPD memalui monitor yang ada. Serta dapat mengetahui, jumlah kerja setiap OPD dalam hitungan hari, bulan dan juga tahunan. Hanya saja masih terdapat beberapa OPD yang tidak terlihat melaksanakan kegiatan, karena tidak pernah terlihat dalam postingan kegiatan.

“Apakah ini terkendala pada admin yang belum memposting kegiatan, atau ada hal non tekhnis lainnya akan kami cari tahu. Sebab kami ingin keterbukaan informasi ini, bisa diketahui oleh publik. Sehingga Kota Bima bisa menjadi kota smart city,” harapnya. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Bima menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tenaga Informasi dan Teknologi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Program Pemkot Bima dengan Smart Citynya harus mendapat dukungan semua elemen, termasuk sekolah. Apalagi sudah ada dukungan website gratis untuk semua...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Launching pusat kendali Informasi Tehnologi Comand Center Kota Bima terpaksa ditunda hingga awal Maret. Alasannya karena salah satu tim ahli terkonfirmasi...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Mendukung upaya maksimalnya pelayanan  masyarakat serta verifikasi pembayaran Tukin tahun 2021, Pemkot Bima melalui Dinas Komunikasi, informatika dan Statistik (Diskominfotik) akan...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Wilayah Kota Bima yang tidak bisa akses jaringan (blank spot), hingga tahun 2021 tidak dianggarkan oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) karena...