Peristiwa

Asyik Bermain, Balita Asal Rade Digigit Anjing

ilustrasi

Bima, Bimakini.- Selain tiga warga Kecamatan Bolo, korban gigitan anjing bertambah. Kali ini, korbannya Bayi Lima Tahun (Balita) asal Desa Rade, Kecamatan Madapangga, MN (5). Korban digigit anjing sekitar pukul 08.30 Wita, Senin (17/6).

Peristiwa tersebut dialami korban saat bermain di gang RT 15 desa setempat. “Korban sedang asyik bermain. Tetiba anjing datang menggigit,” ujar Amirudin, SPd, Sekdes Rade.

Kata Sekdes, melihat korban digigit anjing, warga sekitar langsung mengejar dan akhirnya berhasil membunuh anjing tersebut. “Kita belum tahu secara pasti apakah anjing tersebut teridentifikasi rabies,” terang Amir Riskan sapaannya.

Kaur Desa Rade, Abdul Hafid, membenarkan peristiwa tersebut. Kata dia, pascakorban digigit anjing, warga sekitar langsung membawa ke Puskesmas setempat untuk mendapatkan perawatan medis. “Syukur ada warga yang melihat. Sehingga korban bisa ditangani medis dengan baik,” tutur Hafid.

Dibenarkan pula, anjing yang menggigit korban berhasil dieliminasi yakni dibunuh secara massal oleh warga. “Anjing tersebut sudah dibunuh. Tapi belum diketahui apakah dikubur atau dibuang ke sungai,” ujarnya.

Koordinator IGD Puskesmas Madapangga, Ardiansyah, mengaku bahwa korban tersebut digigit anjing pada bagian tangan kanan telah diberikan perawatan dengan baik. Yakni penanganan diberikan vaksinasi, dicuci dengan air mengalir memakai sabun selama 15 menit. “Luka korban juga dicuci dengan cairan Natrium Chlorida,” ungkap Ardiansyah.

Pascapenanganan tersebut, korban juga tetap mendapatkan perawatan lanjutan. Yakni diberikan vaksinasi pada hari ke 7 dan ke 21. “Kita akan tindaklanjuti terus pasien tersebut hingga dipastikan pulih,” tutup Ardiansyah. (YAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 299
    Shares
To Top