Pemerintahan

Kembangkan Objek Wisata, Desa Kawinda Toi dapat Bantuan 100 Juta


Beginilah pesona panorama air terjun Bidadari di Tambora.

Bima, Bimakini.- Pemerintah Desa Kawinda Toi, Kecamatan Tambora Kabupaten Bima, mendapatkan bantuan dana sebesar Rp100 juta dari Dinas Pariwisata Provinsi NTB tahun 2019. Dana yang bersumber dari APBD Provinsi NTB itu untuk pembangunan fasilitas tempat wisata air terjun Bidadari di dusun Oi Marai.

Sekretaris Desa Kawinta Toi, Adi Armansyah, membenarkan adanya bantuan dari Dinas Pariwisata Provinsi NTB tahun 2019 ini. Dana bantuan akan ditransfer melalui rekening pemerintah desa dalam waktu dekat.

“Pengerjaaan peningkatan fasilitas air terjun oi marai akan dikerjakan pada bulan Juli mendatang oleh paniti pemerintah desa Kawinda Toi,” jelas Ady via telepon, Jumat (21/6).

Kata dia, tujuan pembangunan fasilitas wisata lokal ini, supaya bisa mendongkrat Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bima dari sektor wisata yang selama ini sangat minim. “Dengan pembangunan fasilitas ini otomatis daya tarik pendapatan masyarakat tinggi dan untuk pengembangan ekonomi masyarakat di sekitar semakin cepat,” katanya.

Dia menjelaskan, wisata air terjun bidadari berlokasi di Dusun Oi Marai merupakan wisata lokal yang terkenal di wilayah Kecamatan Tambora dan Kabupaten Bima. Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 50 meter berada di wilayah pengunungan yang terletak dilereng gunung Tambora.

“Meski musim kemarau, air terjun tetap menjadi pilihan pengunjung di berbagai penjuru terutama di hari libur,” kata dia.

Jika fasilitas sudah dibangun, ujarnya, maka pengunjung akan lebih ramai lagi. Kedepan pihaknya akan berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI untuk menjaga supaya dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjung. “Antisipasi harus menempatkan keamanan di sekitar objek wisata, kami tidak ingin pengunjung tidak nyaman adanya kegiatan kriminal,” ujarnya.

Untuk meningkatkan fasilitas yang ada, pihaknya akan bekerja sama dengan Komunitas wisata air terjun bidadari supaya  dapat merawat dan mejaga. (MAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 337
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top