Pemerintahan

KIP NTB dan Diskominfo Kota Bima Sosialisasi Gebyar DBIP

Sosialisais oleh KIP NTB.

Kota Bima, Bimakini.- Komisi informasi Publik (KIP) NTB, difasilitasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bima, Selasa (18/6) menggelar sosialisasi gerakan bersama layanan dasar desa benderang informasi publik (gebyar) DBIP di kantor setempat.

Pada kegiatan tersebut langsung dihadiri Ketua KIP NTB,  Heriyadi, SE, ME  dengan komisioner. Hadir pula Kepala Dinas Kominfo Kota Bima, Ir Supratman didampingi Sekretaris, Ahmadin dan jajaran.

Kegiatan tersebut mengundang peserta dari perwakilan Dinas Kesehatan dan Dunia pendidikan Kota Bima.

Kepala Kominfo Kota Bima, Ir Supawarman memastikan dukungan penuh jajaran Kominfo Kota Bima pada setiap program pembangunan dan pengembangan serta pelayanan informasi publik.

“Ini agar pemahaman aparatur khususnya terkait dengan keterbukaan informasi publik lebih banyak lagi guna mensukseskan agenda Pemkot Bima kedepan guna dapat memberikan pelayanan informasi publik lebih maksimal,” ujarnya.

Sementara Ketua KIP NTB, Heriyadi menyampaikan, sosialisasi Gebyar DBIP ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. Sehingga dapat memberikan jaminan terhadap setiap orang untuk memperoleh informasi publik.

“Juga sesuai undang-undang diwajibkan bagi badan publik dapat memberikan layanan informasi yang baik bagi masyarakat,” ujarnya.

Dikatakannya, salah satu elemen penting dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka adalah terpenuhinya hak publik. Dengan demikian menurut Heriyadi, dapat memberikan partisipasi pada masyarakat  dalam setiap proses pengambilan keputusan publik di badan publik.

“Salah satunya yang paling urgen adalah pada badan publik, seperti pendidikan dan kesehatan, yang merupakan layanan dasar  bersentuhan langsung dengan layanan dasar bagi rakyat untuk meningkatkan layanan derajat dan kesejahteraan,” jelasnya.

Untuk itu kata, Heriyadi, untuk mengoptimalkan dan mewujudkannya khususnya bagi sekolah dan puskesmas harus dapat melakukan layanan informasi publik yang berkualitas dan baik serta mudah diakses oleh masyarakat.

Sementara untuk tujuan sosialisasi ini sendiri menurut Heriyadi, guna meningkatkan pemahaman dan kesadaran peserta tentang pentingnya layanan informasi publik yang berkualitas disekolah, puskesmas, dan desa atau kelurahan model DBIP. (DED)

Share
  • 8
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top