Pemerintahan

Pemkot Mulai Sosialisasi Penerima Manfaat Bedah Rumah

Didi Fahdiansyah

Kota Bima, Bimakini.- Pemkot Bima melalui Dinas Perumahan Kawasan dan Permukiman (perkim) Kota Bima mulai melakukan sosialisasi dan pembukaan rekening bagi penerima manfaat pembangunan rumah swadaya atau bedah rumah tahun 2019.

Kegiatan digelar di aula kantor setempat mulai Rabu (12/6) dihadiri para penerima manfaat. Selain itu, dibuka juga pembukaan rekening bank bagi warga penerima manfaat.

Plt Kepala Dinas Perkim Kota Bima, Didi Fahdiansyah diwawancara mengatakan, untuk tahap awal ini pembukaan loket pembukaan rekening bagi penerima manfaat. Diakuinya untuk tahun 2019 ini jumlah penerima manfaat dari program pembangunan rumah swadaya sebayak 178 unit.

Dari jumlah tersebut terbagi untuk beberapa kelurahan, kelurahan Rabadompu Barat sebayak 40 unit, Rabangodu Utara 20 unit, Paruga 40 unit , Jatiwangi 30 unit, Jatibaru 48 unit.

“Untuk hari ini dilayani dan diberikan sosialisasi pemanfaatan program di kelurahan Rabadompu Barat, selanjutnya bertahap setiap hari,” terang Didi.

Tambahnya, alokasi anggaran bersumber dari DAK tahun 2019 dan dari jumlah 178 unit anggaran keseluruhan Rp 3.2 Milyar, untuk setiap unit rumah masing-masing sebesar Rp 17 juta.

Sementara untuk pendataan warga mendapatan manfaat sebelumnya berdasarkan data SK kumuh Rltahun 2014.ada juga berdasarkan kerja tenaga ferifikasi lapangan. Nanti dari mereka lakukan ferifikasi dan validasi rumah tak layak huni.

Lanjut Didi, sasaran akan mendapatkan bantuan khusus bagi warga tak mampu, juga berkaitan dengan program pengurangan kawasan kumuh. Untuk rencana aksi sendiri diakuinya akan dimulai di bulan Juli mendatang.

Dengan harapan pemerintah dengan adanya bantuan ini memberikan rumah kayak bagi masyarakat. Dan harapan kedepan pun dapat membantu warga tak mampu untuk mendapatkan rumah layak. (DED)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 14
    Shares
To Top