Peristiwa

Personel Polair Polres Bima Latihan Menyelam di Oi Fanda

Bima, Bimakini.- Untuk meningkatkan kemampuan menyelam, personel Polisi Air Laut (Polairut) Polres Kabupaten Bima latihan menyelam di perairan Pantai Oi Fanda, Desa Nipa, Kecamatan Ambalawi, Kabupaten Bima, Sabtu (22/6) lalu. Kegiatan itu juga diikuti oleh Komunitas Free diving dan Komunitas Pencinta Alam (Kopa) Mbojo.

Kasat Polairut Polres Kabupaten Bima, IPTU Ahmad menjelaskan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan menyelam personil SAR Polairut Polres Kabupaten Bima, dan sekaligus untuk pembersihan sampah di laut yang mereka selami.

“Sekarang kami baru saja memperoleh bantuan alat selam dari Polres Bima sebanyak dua paket alat selam, jadi kami dapat meningkatkan kemampuan menyelam bagi para personil, sehingga saat dibutuhkan, anggota sudah siap melaksanakan tugasnya,” ujar Ahmad.

Selain itu, Polairut juga melakukan survey tempat untuk memilih perairan laut yang akan digunakan untuk tempat pemancangan berndera Bayangkara saat perayaan HUT Bayangkara pada tanggal 1 Juli 2019 mendatang.

Tidak hanya, personil Polairut, lebih lanjut kata Ahmad, pihaknya juga mengajak komunitas Free Diving dan Komunitas Pencinta Alam (KOPA) Mbojo, untuk berlatih menyelam bersama-sama.‎ Personil yang akan menyelam diberikan arahan oleh instruktur bagaimana menggunakan alat selam dengan baik dan benar. Begitu pula pada saat menyelam, mereka juga diajarkan bagaimana posisi saat turun dari pantai dan terjun dari dermaga, kemudian posisi menyelam dari permukaan dan bernapas di kedalam air. Intinya, turun kedasar harus perlahan begitu pula saat naik ke permukaan harus perlahan.

Sementara itu, Ketua Komunitas Free Diving Bima, Awaludin, ST mengatakan, pihaknya senang bisa bekerjasama dengan Polairut Polres Kabupaten Bima dalam melaksanakan latihan menyelam tersebut. Ia juga menjelaskan, selain latihan menyelam rencananya mereka juga akan memantau kerusakan terumbu karang yang ada diperairan laut Bima.

Selain itu, jika memungkinkan, mereka akan bekerjasama dengan polairut untuk melakukan penanaman Mangrove dibeberapa wilayah perairan laut Bima. “Pada dasarnya pada kegiatan ini kami bercermin kepada kepentingan tentang dunia bawah laut. Bahwa kenyataan potensi-potensi karang yang ada di wilayah Kabupaten Bima perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah dan masyarakat,” tambahnya.

Dia mengharapkan tindakan ini akan merangsang kepedulian semua instansi dan institusi untuk lebih peduli terhadap kelestarian laut sehingga ekosistem laut dapat terjaga. (ARN)

Share
  • 107
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top