Olahraga & Kesehatan

Program Jimpitan UKM Kempo Ubah Prilaku Warga Buang Sampah Sembarangan

Kepala UKM Kempo, Faisal, SKM

Dompu, Bimakini.- Sebelum program Jimpitan Sampah yang dilakukan oleh UKM Kempo, perilaku masyarakat membuang sampah sembarang sudah menjadi kebiasaan. Bahkan pemandangan sampah tercecer dimana-mana menjadi pemandangan biasa disetiap sudut dan selokan.

“Alhamdulillah sejak program jimpitan sampah dilakukan tidak terlihat lagi sampah berserakan,” kata Kepala UKM Kempo, Faisal, SKM.

Program Jimpitan Sampah ini, kata Faisal, selain mengubah prilaku masyarakat dari buang sembarangan juga menanamkan kesadaran hidup bersih dan ekonomis.

Kenapa jimpitan sampah ini juga bernilai ekonomis? Menurut Faisal masyarakat di Kempo sudah masuk dalam anggota Bank Sampah. Dengan sampah mereka bisa menggunakan untuk biaya berobat di Puskesmas atau UKM Kempo.

Kok  bisa? “Iya bisa sekali, Jimpitan Sampah yang dilakukan setiap hari itu disetor  ke Bank Sampah. Lalu Pihak Bank Sampah nantinya memberikan bukti jumlah Jimpitan Sampah dan bukti keterangan dari pengobatan dari Puskesmas untuk membayar dan menyelesaikan administrasi di Puskesmas itu,” ujarnya.

Bahkan, kata Faisal, mulai anak SD, SMP dan SMA yang selama ini disekolahnya biasa membuang sampah, kini dibawa pulang untuk disetor ke Bank Sampah. “Betul-betul besar manfaatnya bagi kebersihan dan kesehatan masyarakat,” katanya seraya mengakui program mereka ini mendapat pujian dari pihak Kesehatan Provinsi NTB. (JUN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 4
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top