Olahraga & Kesehatan

Tim Akreditas Nilai RSUD Kota Bima

Tim Akreditasi menyambangi RSUD Kota Bima.

Kota Bima, Bimakini.- RSUD Kota Bima, Senin (24/6) kedatangan rombongan  tim surveior dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Independen guna melakukan penilaian. Harapan besar RSUD Kota Bima dapat terakreditasi baik.

Direktur RSUD Kota Bima, dr Natsir mengatakan, rombongan tim akreditasi sudah diterima bersama Wakil Wali Kota Bim, Feri Sofyan, SH dan jajaran Pemkot Bima. Pasalnya status akreditasi adalah wajib sesuai disyaratkan perundang-undangan atas status sebuah Rumah Sakit.

Tentunya, kata dia, besar harapan seluruh elemen, terutama Pemkot Bima, Dikes dan RSUD Kota Bima mendapatkan status akreditasi baik akan diberikan nantinya. Harapkan dapat akreditasi karena syarat UU wajib akreditasi.

Kata Natsir,  banyak hal akan dinilai oleh tim akreditasi. Seperti  pelayanan, hak dan keselamatan pasien, sarana dan prasarana pendukung RSU. Termasuk kenyamanan pasien dan pekerja serta kepatuhan terhadap aturan.

Rencananya tim Akreditas akan melakukan penilaian selama tiga hari. Juga dilakukan  olehnya selaku pimpinan RSUD Kota Bima. Yang dipresentasikan  profil dan keberadaan RSUD. “Item penilaian selain pelayanan dan sarana prasarana adalah dokumen, regulasi dan wawancara sekaligus turun ke lapangan. Untuk tahap awal ini wawancara dan pemeriksaan dokumen,” terangnya.

Lebih lanjut untuk jadwal mereka tentukan sendiri, setelah selesai akan wawancara Walikota terkait dukungan dan komitmen pemerintah terhadap keberadaan rumah sakit. Hasil penilaian tim akreditasi  akan disampaikan berupa rekomendasi apa kurang  dan perlu dibenahi.

“Apapun hasilnya tentu akan menjadi masukan kami untuk berbenah kedepannya,” tegas Natsir.

Untuk diketahui juga, tiga tahun kedepan akan dilakukan akreditasi lagi, apakah ada perubahan atau tidak. “Menurut saya kalau dari segi administrasi, ijin sarana dan prasarana RSUD Kota Bima memenuhi syarat, tinggal melengkapi saja,” tutupnya. (DED)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 43
    Shares
To Top