Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Tim Gabungan Periksa Kelayakan Bus AKDP dan AKAP

Pemeriksaan bus di terminal Dara.

Kota Bima, Bimakini.- Untuk memastikan keamanan angkutan lebaran tahun 2019, Tim gabungan, Sabtu (1/5) melakukan apel siaga sekaligus pemeriksaan kondisi armada bus di Terminal Dara Kota Bima.

Tim terdiri dari unsur TNI, Sat Lantas Polres Bima-Kota, Dishub, Sat Pol PP Kota Bima dan UPTD Pengujian kendaraan serta BNNK mulai melakukan pemeriksaan pukul 17.00 WITA.

Pantauan  bimakini.com, pemeriksaan mulai dari kondisi ban, lampu bahkan semua peralatan bus berkaitan dengan keselamatan dalam perjalanan.  Khusus kondisi ban, rem, lampu dan tak lupa kelengkapan surat surat kendaraan. Dan dari hasil pemeriksaan ditemukan bus salah membawa surat surat kendaraan serta ijin trayek.

Selain pemeriksaan kelayakan bus, dilakukan tes urine terhadap supir bus oleh petugas BNNK Bima langsung di terminal dara.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bima, Ir H Zulkifli diwawancara di lokasi mengatakan, Tujuan dilakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan maupun kelayakan pengemudi, karena keselamatan tergantung dua unsur itu.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Harus lengkap dan layak, kalau busnya saja layak sementara supirnya tidak siap tentunya akan sangat berbahaya atas keselamatan.  “Sehingga harus layak semua, baik busnya maupun supirnya,” ujar Zulkifli.

Tambah Zulkifli, selain pemeriksaan kelayakan bus pun ada petugas BNNK juga tergabung dalam tim melakukan pemeriksaan urine supir bus untuk memastikan apakah mereka bebas dari obat terlarang, pun petugas medis selaku mengecek kondisi kesehatan para supir.

Tentunya dari rangkaian kegiatan ini diharapkan seluruh aktifitas perjalanan lebaran tahun ini dapat berjalan aman dan lancar. (DED)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Polres Bima Kota bekerjasama dengan BNNK Bima dan Dinas Perhubungan Kota Bima telah melaksanakan tes urine pada pengemudi bus AKAP sebagai...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Memasuki tatanan kehidupan yang baru atau new normal, aktifitas transportasi darat di Terminal Dara, Kota Bima, mulai kembali mulai bergeliat. Bahkan,...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Bagi yang bertanya-tanya kapan jalur transportasi darat akan dibuka kembali pasca-ditutup akibat pandemi Covid 19? Kini terjawab sudah. Pemerintah sudah mulai...

Peristiwa

Kota Bima,  Bimakini.- Tim gabungan terdiri dari Polri,  TNI dan Dinas Perhubungan, Sabtu (22/12) sore memeriksa kelaikan kondisi bus AKAP dan AKDP yang beroperasi...

Peristiwa

Kota Bima,  Bimakini.- Arus mudik kedatangan lebaran mulai ramai terlihat di Terminal Dara, Kota Bima, Sabtu (9/6) malam.  Arus mudik menggunakan transportasi bus datang...