Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

UPP dan Puskeswan Bolo Vaksinasi Ternak

Kegiatan vaksinasi ternak.

Bima, Bimakini.- UPP dan Puskeswan Kecamatan Bolo melakukan vaksinasi ternak peliharaan, Sabtu (22/6).

Kepala UPP dan Puskeswan Kecamatan Bolo, Amran mengatakan, vaksinasi pada ternak terdiri dari 2, yakni vaksinasi SE dan Antrak. Vaksinasi SE dilakukan untuk mengantisipasi penyakit ngorok (tagere) pada ternak, sememtara vaksinasi antrak untuk mengantisipasi virus terhadap ternak tersebut. “Jadi ada 2 jenis vaksinasi untuk ternak peliharaan ini,” ujarnya.

Kata dia, jenis ternakpun juga dibagi menjadi 2. Yakni ternak besar dan ternak kecil. Ternak kecil yang terdiri dari kambing dan domba diberikan vaksin antrak. Sementara ternak besar diberikan vaksin antrak dan SE. “Ternak besar itu terdiri dari sapi, kerbau, dan kuda,” katanya.

Hingga saat ini kata Amran, pihaknya sudah melakukan vaksinasi di 2 desa pada kecamatan setempat, yakni Desa Tambe dan Rasabou. Di Tambe sudah divaksin sekitar 300 ternak, sementara di Rasabou baru 15 ternak. “Selain itu kami juga sudah vaksin 200 ternak di Desa Sondosia yang mau dikirim ke luar,” ungkapnya.

Dia menambahkan, vaksinasi ternak akan dilakukan pada semua desa hingga Agustus mendatang. Ia berharap semoga dengan upaya tersebut penyakit pada ternak bisa diantisipasi dan dicegah lebih awal. (YAN)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Unit Penunjang Peternakan dan PKH Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, melakukan  vaksinasi SE. Ini  sebagai upaya pencegahan penyakit Septicemia Epizootica (SE/Penyakit ngorok) dan...