Ekonomi

20 Poktan dapat Rp 4 Miliar untuk Pengembangan Irigasi

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bima, Ir. Indra Jaya.

Bima, Bimakini.- Sebanyak 20 Kelompok Tani (Poktan) mendapat kucuran dana Tahun 2019 sebesar Rp. 4 Millyar lebih dari Kementrian Pertanian RI. Dana tersebut program pengembangan daerah irigasi yakni pembuatan Dam parit dan embung.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bima, Ir. Indra Jaya, mengungkapkan, program ini atas usulan dari masing masing Poktan. Kemudian dilakukan verifikasi dan fasilidasi terkait keabsahan setiap Poktan. “Program ini merupakan inisiatif dan hasil pengusulan setiap Poktan. Kita di dinas hanya verifikasi saja,” ujarnya.

Kata Indra, 20 Poktan yang dapat dana pengembangan irigasi ini yakni Poktan yang ada di Kecamatan Langgudu, Woha, Monta, Tambora, Ambalawi dan Madapangga. “Dari 18 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bima. Tahun ini ada enam Kecamatan yang dapat,” jelasnya.

Tujuan kegiatan ini, lanjut dia, supaya dapat memudahkan para petani dalam mengorganisasi pembagian air untuk kebutuhan Poktan. “Kegiatan ini semata mata untuk kesejahteraan petani. Kita di dinas hanya fasilitasi saja,” terangnya.

Selain itu, dengan adanya kegiatan ini semua pihak diharapkan bisa mengawasi dan mengkoordinasikan pelaksanaannya. “Kegiatan ini harus diawasi sehingga azas manfaatnya bisa dirasakan di masa akan datang,” ucap Indra.

Dirinya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga kelestarian hutan. Yakni dengan cara tidak menebang pohon di hutan lindung. “Program pemerintah tidak ada manfaatnya jika hutan tidak dipelihara,” bebernya. (YAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top