Pendidikan

Duta SMPN 1 Wawo Jawara LCC Se-Kabupaten Bima

Bima, Bimakini.- Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Wawo, jawara pada lomba cerdas cermat (LCC) se-Kabupaten Bima. Lomba untuk memeriahkan HUT RI 2019 tingkat SMP/MTs berlangsung babak penyisihan dan babak final. Pada babak terakhir duta SMPN 1 Wawo tidak memberikan peluang bagi sekolah lain untuk mengalahkan mereka.

Lomba yang digelar di Kantor Dinas Dikpora Kabupaten Bima, Rabu (24/7) membuktikan kedikdayaan, Warlia Mursida, Ussy Hermiaty, dan Anang Makbul mampu mengharumkan SMPN 1 Wawo. Mereka tak ampun mampu menguasai sepuluh soal wajib dan juga soal rebutan.

Lomba yang berlangsung kompetitif itu SMPN 1 Wawo berhasil meraih hasil sempurna dengan nilai (1.800), SMPN 3 Belo (400), SMPN 1 Sape sebagai jawara tahun lalu hanya mampu meraih nilai (200), sedangkan SMPN 1 Woha hanya mendapatkan (100). Tim SMPN 1 Wawo bersyukur menjuarai lomba cerdas cermat ini.

“Seru lombanya. Bisa menambah pengalaman. Bersyukur bisa bersaing di babak final dengan tiga sekolah itu,” ujar Lia, salah satu peserta dari SMPN 1 Wawo.

Peserta dari SMPN 1 Wawo sendiri diwakili oleh Warlia Mursida, Anang Makbul dan Ussy Hermiaty. Guru pembina LCC SMPN 1 Wawo, Nur Fitriyani, S.Pd, mengatakan, sebenarnya tidak ada persiapan khusus yang dilakukan. Apalagi, pemberitahuan hanya satu hari menjelang lomba.

Namun, karena anak-anak sudah terbiasa mengikuti lomba, seperti Warlia Mursida pernah mengikuti olimpiade matematika di Malang Jawa Timur, sedangkan Anal Makbul pernah mengikuti lomba OSN bidang IPS Kabupaten Bima. Selain itu mereka sering berkompetisi antar kelas di sekolah, dan pembinaan lainnya.

“Tahun lalu kita kalah, tetapi tahun ini kita mampu mengalahkan SMPN 1 Sape yang meraih juara tahun lalu,” ujarnya di sekolah setempat, Sabtu (27/7).

Pada babak penyisihan diikuti sembilan sekolah.SMPN 1 Wawo bersama SMPN 2 Bolo, SMPN 1 Wera, dan SMPN 6 Soromandi. SMPN 1 Wawo lolos bersama SMPN 2 Bolo, sedangkan babak final bertemu SMPN 1 Sape, SMPN 3 Bole, SMPN 1 Woha, dan SMPN 2 Bolo.

“Alhamdulillah kembali berhasil meraih juara dengan nilai yang memuaskan. Kita belajar dari kekalahan dari tahun sebelumnya dan kini berhasil. Saya bangga anak-anak bisa tampil maksimal. Inilah hasil terbaik dari proses belajar mengajar dan kesungguhan siswa dalam belajar memahami soal yang diberikan,” katanya dan diiyakan oleh guru pembina lain, Samarkandi, S.Pd.

Kepala SMPN 1 Wawo, Mulyadin HAR, S.Pd, M.Pd, mengapresiasi hasil yang dicapai siswanya dan berterima kasih kepada guru pembina yang terus menerus menggenjot siswa untuk meraih prestasi. Tentu pihak sekolah senantiasa memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi. Apalagi, hal itu mengharumkan nama sekolah.

“Siswa meski tanpa disiapkan secara khusus, tetapi mereka bergerak sendiri dengan motovasi tinggi untuk memberikan yang terbaik bagi sekolahnya,” katanya di sekolah setempat, Sabtu. (NAS)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 191
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top