Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Januari-Mei, 12 Nyawa Melayang di Aspal

IPTU Agus Pujianto, SPd

Bima, Bimakini.- Hati-harilah mengendarai kendaraan di jalan raya, terutama lengkapi kelengkapan saat berkendara seperti helm standar. Tercatat sejak Januari-Mei 2019, ada 12 pengendara tewas akibat terlibat kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di wilayah hukum Polres Bima.

Penyebabnya didominasi kelalaian pengendara dan melawan arus lalulintas.

Kasat Lantas Polres Bima, IPTU Agus Pujianto, SPd, menjelaskan, mengendarai sepeda motor harus ekstra hati-hati, jangan mengebut di jalanan dan jangan melawan arus lalu lintas. Sebab dapat mengakibatkan lakalantas.

“Akibat lakalantas di jalan raya, sebanyak 27 kali kecelakaan terjadi di wilayah hukum polres Bima dari Januari hingga Mei 2019,” jelas Kasat di ruang kerjanya, Selasa (2/7).

Untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan raya, pihaknya intens memberikan imbauan di sekolah-sekolah dan masyarakat. Tujuannya supaya masyarakat mengetahui aturan berlalulintas yang baik dan benar, namun hal itu kembali lagi pada pengendara.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Dari 27 kasus lakalantas di wilayah hukum Polres Bima, terdapat 12 pengendara tewas, baik meninggal di tempat maupun saat dilarikan di tempat pelayanan kesehatan,” ungkapnya.

Selain itu, akibat kecelakaan yang terjadi, korban luka berat 40 orang dan luka ringan 13 orang. “Korban meninggal, luka berat dan luka ringan kami mengurus untuk mendapatkan jasaraharja, kerugian material dari kejadian ini sebanyak 64 juta lebih,” katanya.

Dia mengaku, korban meninggal dunia dominan tidak menggunakan helm atau pelindung kepala saat berkendara. Hal ini juga terjadi akibat kelalain saat mengemudikan kendaraan dan melawan arus lalulintas.

“Yang paling banyak korban meninggal adalah tidak menggunakan helm saat berkendara, begitupun yang mengalami luka berat dan luka ringan,” terangnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Agus mengimbau, agar pengendara dapat tertib berlalu lintas. Sebagai aparat hanya mengimbau, mengajak masyarakat, supaya lebih tertib. (MAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Kecalakaan tunggal terjadi yang menimpa mobil pemadam kebakaran di  Kelurahan Monggonao, KotaBima, Ahad 1 Oktober 2023. Mobil pemadam kebakaran  dengan nomor...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Dua orang tewas dan satu orang mengalami luka-luka hingga terpaksa dilarikan ke rumah sakit terdekat, akibat kecelakaan lalu lintas yang terjadi di...

Hukum & Kriminal

Sumbawa, Bimakini.- Diduga karena kejar-kejaraan, kecelakaan lalu lintas terjadi  di jalan lintas Desa Labuan Jambu, Kecamatan Terano, Kabupaten Sumbawa, sekitar pukul 08.30 Wita, Rabu...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Kecelakaan Lalu Lintas (Lakalantas) antara sesama sepeda motor, terjadi di Jalan Lintas Tente-Parado tepatnya di Kantor Pertanian Kecamatan Monta, Jum’at 10/02/23 sore...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Ini peringatan sekaligus pelajaran bagi anda, yang kerap mengendarai sepeda motor atau kendaraan dengan kecepatan tinggi. Tiga orang pengendara sepeda motor tewas...