Olahraga & Kesehatan

Jumlah Pasien TB Paru Triwulan II di Madapangga 25 Orang

Pasien TB saat dirawat di Puskesmas.

Bima, Bimakini.- Jumlah pasien TB. Paru atau TBC triwulan II Tahun 2019 ditangani Puskesmas Madapangga sebanyak 25 orang. Jumlah tersebut didominasi pasien asal Desa Woro sedangkan jumlah pasien tersedikit di Desa Ncandi dan Tonda.

Petugas khusus kaitan masalah penyakit TB. Paru, H. Rusli, S. Kep, Ners mengatakan, dari jumlah pasien tersebut sudah diberikan penanganan medis. Yakni diberikan obat secara berkala. “Hingga triwulan II ini 25 pasien TB. Paru sudah ditemukan dan diobati,” jelasnya.

Sesuai target, lanjut H. Rusli, tahun 2019 ini harus ditemukan dan ditangani secara medis sebanyak 70 persen. Sedangkan tahun 2018 ditangani sebanyak 71 pasien. “Tindakan yang diberikan yakni melakukan screening berkesinambungan,” katanya.

Tidak hanya itu, kaitan masalah penyakit TB. Paru kita intens mensosialisasi ke tiap desa yang ada di Madapangga. Hal itu dilakukan agar jumlah pasien TB. Paru bisa ditekan.

Diharapkannya, apabila masyarakat mengalami batuk berturut turut selama dua minggu atau lebih, disertai dengan sesak nafas, terjadi penurunan berat badan dan lainnya. Warga segera datang ke Puskesmas agar bisa diberikan perawatan medis. “Tidak ada biaya, mulai pemeriksaan dan pengobatan akan ditanggung oleh pemerintah,” tutupnya. (KAR)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 11
    Shares
To Top