Pendidikan

Siswa SMAN 1 Madapangga Ikut Lomba FLS Tingkat Nasional

Bima, Bimakini.- Lomba Festival Literasi Siswa (FLS) yang diselenggarakan Kemendikbud RI Tahun 2019. Siswa SMAN 1 Madapangga, Dirga Jayusman akan mengikuti lomba tersebut untuk kategori Desain Meme di tingkat Nasional. Prestasi tersebut cukup membanggakan karena siswa tersebut baru pertama kali ikut, langsung tembus ke tingkat Nasional.

Dewan Guru setempat, Akhi Dirman menyampaikan, lomba FLS ini rutin setiap tahun diselenggarakan Kemendikbud RI. Lomba tersebut diikuti ribuan siswa seluruh Indonesia. Kategori lomba yakni Syair, Cerpen, Meme dan Komik. “Dari empat mata lomba tersebut siswa kami bernama Dirga Jayusman kelas XII berhasil dan tembus ke tingkat Nasional untuk kategori Desain Meme. Dan insya Allah pada Kamis (25/7) akan bersaing dengan peserta lainnya di Jakarta,” ujarnya, Kamis (11/7).

Kata Dirman, prestasi yang diraih siswa ini jelas membanggakan pihak sekolah. Pasalnya baru pertama kali ikut ditahun ini langsung tembus ke tingkat Nasional. “Saya berharap siswa kami ini mampu tampil lebih baik ditingkat Nasional sekaligus menjadi yang terbaik dari peserta lainnya,” ujarnya.

Selain prestasi FLS tersebut sekolah setempat juga akan mengikuti Festival Lomba Siswa Seni Nasional (FLS2N) mewakili Kabupaten Bima ke tingkat Provinsi NTB. “Untuk FLS2N ini ada 13 siswa yang sudah berangkat tadi malam mengikuti lomba tersebut ke tingkat Provinsi NTB. Semoga mereka bisa berhasil dan tampil baik,” ungkapnya.

Dijelaskannya, dalam lomba FLS2N tersebut ada beberapa kategori yang dilombakan. Yakni Film pendek, Seni Kria, Vokal Solo, Baca Puisi, Gitar solo, tulis puisi, tari, desain poster dan monolog. Dan sejumlah kategori lomba tersebut ada perwakilan siswa setempat. “Kalau baca puisi sudah dua tahun kita tembus ke Nasional. Dan target kita tahun ini ada empat kategori lomba yang mampu tembus ke Nasional. Yakni Film pendek, baca puisi, tulis puisi dan monolog,” bebernya.

Target itu bukan hanya sekedar mimpi belaka. Melainkan sudah dipersiapkan beberapa bulan bahkan didukung oleh bakat dan potensi siswa sendiri. “Kita yakin empat kategori itu mampu kita tembus sampai ke tingkat nasional,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Madapangga melalui Wakasek Kesiswaan, Julkifli SPd mengaku bangga atas prestasi yang diraih siswa setempat. Apalagi khusus lomba FLS baru pertama kali ikut langsung tembus ke tingkat nasional. “Semoga siswa ini dapat berjuang membawa nama harum sekolah ke tingkat nasional. Terutama sekali bisa tampil maksimal dari siswa lainnya,” ujarnya.

Selain itu, dia juga berterima kasih pada kerja keras guru pembina yang telah membimbing siswa-siswanya. Sehingga mereka bisa meraih prestasi. “Kita apresiasi pada guru pembina. Dan berharap semoga para siswa yang mengikuti lomba baik ke tingkat Nasional maupun ke Provinsi tampil lebih baik sekaligus dapat prestasi,” ungkap Julkifli. (KAR)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
Share
  • 106
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top