Peristiwa

TNI dan BPBD Distribusikan Air Bersih

Bima, Bimakini.- Personel TNI Koramil Donggo bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima, mendistribusikan air bersih untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga warga di Dusun Ndanondere, Desa Bajo, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima, Senin (22/7).

Pendistribusian air bersih ini atas laporan pemerintah desa, yang mulai kesulitan mendapatkan air bersih akibat dampak kemarau. “Kita distribusikan air bersih sesuai dengan permintaan warga yang membutuhkan air,” jelas Koramil Donggo Danramil, Lettu Inf Mahdin.

Kata dia, dari laporan tersebut, pihaknya langsung berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bima, untuk bekerja sama mendistribusikan air bersih kepada warga. “Alhamdulillah hari ini kami bisa mendistribusikan air bersih kepada warga yang membutuhkan,” jelasnya.

Sementara Kasubid Penanganan Darurat BPBD Kabupaten Bima, Bambang Hermawan, S.Kom MM, menjelaskan sudah mendistribusikan air bersih ke beberapa Desa di Kabupaten Bima. Warga sudah mengeluhkan sulitnya mendapatkan air bersih, karena sumber air seperti sumur yang biasa digunakan masyarakat sudah mengering sehingga membutuhkan bantuan dari pemerintah.

“Air yang didistribusikan sesuai dengan permintaan yang diajukan sesuai prosedur mulai dari Kecamatan hingga melapor ke BPBD, hari ini bersama TNI memberikan bantuan air bersih,” katanya.

Dia menambahkan, jika kondisinya sangat dibutuhkan bisa langsung ke BPBD, kendala dalam pendistribusian air yakni masyarakat masih minim memiliki tempat penampungan air atau wadah yang besar sehingga saat penyaluran cukup lama.

“Warga banyak yang bawa ember atau jeriken, sehingga pendistribusiannya jadi lama,” katanya.

Dia mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan air sesuai kebutuhan selama musim kemarau yang diprediksi akan berlangsung hingga Oktober 2019. “Saya mengingatkan warga harus bisa mengelola kebutuhan air bersihnya sendiri,” katanya. (MAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 12
    Shares
To Top