Olahraga & Kesehatan

Warga Antusias Ikuti Operasi Katarak YBM PLN UP3 Bima

Warga yang antri saat kegiatan operasi katarak di RSUD  Kabupaten Bima di Sondosia, Jumat.

Bima, Bimakini.- Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN UP3 Bima dan Rumah Sakit (RS) Metro Medika Lombok menggelar bakti sosial operasi katarak dan Pterygium di RSU Sondosia Bolo, Jum’at (12/7). Warga antusias mengikuti bakti sosial tersebut, awalnya  ditargetkan 150 meningkat menjadi 190 orang.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Bima, HM Qurban, SH,  menyampaikan terima kasih atas kerjasama PLN UP3 dan RS Metro Medika Lombok dalam rangka memberikan pelayanan khusus, yakni operasi katarak dan tperygium. Sesuai yang ditargetkan yakni 150 orang, karena tingginya antusias masyarakat, sehingga melampaui target, 190 orang. “Tercatat 500 orang yang daftarkan diri. Sehingga pemerintah berharap kegiatan ini dilakukan lagi dalam waktu yang dekat,” ujarnya.

Dirinya sangat berharap, dalam waktu dekat operasi katarak dan pterygium bisa dilaksanakan lagi. Sehingga masyarakat yang belum berkesempatan pada saat ini bisa dioperasi pada kegiatan selanjutnya. “Kita sangat bersyukur karena operasi katarak dan pterygium digratiskan,” ungkapnya.

Ketua Panitia Lokal terkait operasi katarak, Mukmin, SKep, mengatakan, operasi katarak dilakukan Jum’at (12/7) dan follow up pada Sabtu (13/7). Sebenarnya target hanya 150 orang, tapi karena terlalu banyak daftar sehingga harus ditambah 40 orang. “Total yang dioperasi sebanyak 190 orang. Tapi yang daftar sebanyak 500 orang,” ujarnya.

Sebelumnya kata Mukmin, pasien tersebut mendaftar di Puskesmas Sape, Wera, Woha dan Bolo sekaligus dilakukan screening. “Setelah itu masing masing Puskesmas mengirim data ke RS Metro Medika Lombok. Sedangkan kita di RSU Sondosia hanya fasilitasi saja,” terangnya.

Dijelaskannya, proses pendaftaran di Puskesmas Sape tanggal 6/7, Wera 5/7, Woha dan Bolo 8/7. Pihak RSU Sondosia hanya fasilitas baik sarana dan prasarana. Berkaitan dengan alat operasi semuanya dibawa oleh tim medis dari Metro Medika Lombok,” tutup Koordinator IGD RSU Sondosia. (KAR)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 14
    Shares
To Top