Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

712 Warga Bolo dapat Dana ZIS

Camat Bolo, Mardianah, SH saat menyerahkan dana ZIS.

Bima, Bimakini.- Sebanyak 712 warga Kecamatan Bolo, mendapatkan Dana ZIS setelah penyaluran yang dilakukan oleh Baznas Kabupaten Bima di aula Kantor Kecamatan Bolo, Senin (12/8). Hadir saat itu, Ketua Baznas Kabupaten Bima, Camat Bolo, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) serta penerima manfaat. Saat itu, penyerahan dana ZIS dilakukan secara simbolis yang diterima oleh tiga orang.

“Dari jumlah penerima Dana ZIS tersebut terdiri dari Fakir Miskin, Mualaf, Yayasan, guru honor, Da’I dan warga yang tinggal di Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu),” ujar Ketua Baznas Kabupaten Bima, H. Abubakar H. Usman.

Kata H. Abubakar, rincian zakat Fitrah yang disetorkan oleh UPZ Bolo 50 persen yakni sebesar Rp. 61 juta lebih, untuk zakat perdagangan sebesar Rp. 26 juta lebih. Zakat tanaman sebesar Rp. 49 juta. “Total zakat yang disetorkan oleh UPZ Bolo sebesar Rp, 136 juta lebih. Dan disalurkan kembali sebesar Rp. 123 juta lebih yakni untuk semua penerima manfaat,” terangnya.

Besar dana ZIS yang didapat oleh Fakir Miskin ada dua kategori yakni Fakir Miskin konsumtif dan produktif. Sedangkan untuk yakni Fakir Miskin konsumtif mereka dapat sebesar Rp. 200 ribu dari jumlah 360 orang, sehingga total dana yang disalurkan sebesar Rp. 72 juta.

“Untuk Fakir Miskin produktif hanya satu orang yakni sebesar Rp. 500 ribu,” jelasnya.

Besar dana untuk Mualaf  dan Yayasan masing masing dapat dana sebesar Rp. 500 ribu, dengan rincian empat orang Mualaf dan satu yayasan, sehingga totalnya Rp. 2 juta setengah. “Untuk Da’i sebesar Rp. 3 juta lebih, guru sukarela  sebesar Rp. 19 juta lebih dari 132 orang dikalikan 150 ribu. Dan masih banyak lainnya,” ungkap dia.

Camat Bolo, Mardianah, SH, mengharapkan, kepada masyarakat yang menrima dana ZIS agar bisa menggunakan dengan baik. Sehingga bisa membantu atau meringankan kebutuhan sehari hari. “Kita juga berharap agar masyarakat memaksimalkan setor zakat yakni melalui UPZ yang telah ditentukan,” tutupnya. (KAR)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Pemasukan zakat pada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bima jauh dari ditargetkan. Sesuai ditargetkan, untuk Tahun 2020 mestinya zakat yang masuk...

Ekonomi

Bima, Bimakini.-  Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bima, menyediakan bantuan pendidikan, kesehatan, fakir miskin, mualaf, duafa, serta kegiatan keagamaan. Wakil Ketua II Pendistribusian...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bima, kembali menyalurkan bantuan bagi pasien yang sedang dirawat inap di Puskesmas yang tersebar di Kabupaten...