Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

APGN 2019 Sarana Efektif Promosikan NTB di Kancah Internasional

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, menilai event simposiun internasional Asia Pacific Geoparks Network (APGN) 2019, yang diselenggarakan di Lombok, NTB, mulai 30 Agustus sampai 6 September 2019, akan menjadi trigger untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke NTB.

Terlebih kegiatan APGN yang dihelat di Rinjani Lombok UNESCO Global Geopark itu mengangkat tema “Samalas Mempersatukan Kita”.

Diikuti lebih dari 500 orang peserta dari 27 negara sahabat, antara lain Yunani, Prancis, Italia, Australia, Kanada, India, Rusia, Tiongkok, Malaysia, Vietnam, Thailand, Korea, Iran Jepang dan negara-negara lainnya, akan mengunjungi seluruh destinasi wisata di Pulau Lombok.

Mereka tentunya juga akan melaksanakan field trip melalui tiga jalur, yaitu jalur utara (Desa Gumantar dan Senaru), jalur tengah (Museum, Kemalik Lingsar dan Aik Berik) dan jalur timur (Sembalun). “Ini akan menjadi sarana promosi yang efektif untuk mengenalkan NTB ke kancah internasional, khususnya keindahan pariwisata Lombok dan Sumbawa,” tegas Gubernur NTB yang lebih akrab disapa Doktor Zul itu.

“Sekarang (peserta) saja lima ratus orang dari berbagai negara. Kalau setiap hari mereka menyampaikan berita bagus (melalui medsos), apalagi juga ada media internasional yang hadir maka betapa kita akan lebih dikenal. Apalagi mereka lima ratus orang ini akan mengunjungi berbagai tempat yang indah di Lombok ini,” katanya.

Gubernur menambahkan, ke depan diharapkan akan lebih banyak event internasional digelar di Lombok dan Sumbawa.

“Saya kira banyak event-event internasional itu akan diselenggarakan di Lombok. Jadi orang bukan hanya akan datang dengan keindahan, keelokan eksotisme Lombok tapi juga membuka tabir bahwa ternyata Lombok dan Sumbawa itu pernah punya kontribusi besar dalam merubah arah peradaban dunia,” katanya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kominfotik NTB, I Gede Putu Aryadi, menjelaskan event internasional APGN 2019 akan dimulai rangkaiannya sejak 30 Agustus 2019.

Event yang akan terlaksana hingga 6 September ini, akan resmi dibuka pada 3 September, di Hotel Lombok Raya, Mataram.

Aryadi mengatakan, dalam event APGN ini tercatat sedikitnya 500 peserta dari berbagai negara akan hadir. “Para peserta juga dijadwalkan melakukan field trip atau kunjungan lapangan ke sejumlah destinasi wisata yang ada di Lombok,” katanya.

Informasi dari Biro Perencanaan dan Informasi Kemenko Bidang Kemaritiman menyebutkan, pembukaan APGN 2019 direncanakan akan menghadirkan sejumlah menteri terkait.

Event APGN 2019 ini juga akan diisi dengan rangkaian berbagai hiburan dan atraksi budaya yang sejalan dengan kearifan lokal khas masyarakat NTB dan nusantara pada umumnya. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

NTB

Kota Bima, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah  menyebut dari seluruh Kabupaten/Kota, di Bima lah yang paling banyak balihonya. “Saat masuk ke Kota Bima,...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Gubernur NTB melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas pengembangan SDM...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Kehadiran Gubernur NTB yang melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Pemerintah Kabupaten Dompu telah berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM. Ketiga pilar itu diantaranya, tidak buang air besar (BAB)...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Dinilai berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM, yakni Pilar tidak buang air besar (BAB) sembarangan (Stop BABS), mencuci tangan...