Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Bagian AP Rakor Delineasi Batas Wilayah Secara Kartometrik

Rapat koordinasi Bagian AP Setda dengan Pemerintah Kecamatan Mpunda, Kamis.

Kota Bima, Bimakini.- Untuk memperjelas dan memudahkan penyediaan data batas-batas antara kelurahan di Kota Bima, Bagian Administrasi Pemerintahan (AP) Setda Kota Bima menggelar rapat Koordinasi dengan jajaran Pemerintah Kecamatan Mpunda, Kamis (29/8).

Kabag AP Setda Kota Bima, Ichwanul Muslimin menyampaikan, rapat tersebut bagian dari kesiapan untuk menyambut kedatangan Badan Informasi Geospasial Republik Indonesia (BIG RI), yang ingin mengadakan kegiatan delineasi batas wilayah administrasi kelurahan secara kartometrik.

“Insya Allah BIG RI akan tiba di Kota Bima 5 September nanti dan direncanakan bekerja dalam sepekan. Dengan tujuan untuk melakukan kegiatan delineasi batas wilayah administrasi,” ujarnya.

Untuk tahun ini kata Ichwanul, Kota Bima dijadwalkan melaksanakan kegiatan di 3 kecamatan saja. Diantaranya Kecamatan Mpunda, Raba dan Rasanae Timur. Tujuannya agar data batas wilayah yang dimiliki, semuanya tercakup.

“Melalui rakor ini pihaknya bersama jajaran pemerintah di tiga  kecamatan ingin menyamakan persepsi, tentang batas masing-masing wilayah kelurahan,” tegasnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Mantan Lurah Nae itu mengungkapkan, kegiatan delineasi batas wilayah secara kartometrik merupakan, agenda kegiatan penelusuran garis batas pada peta kerja. Kemudian lengukuran, perhitungan posisi titik, garis maupun luas cakupan wilayah.

Apa yang dilakukan ini, sesuai dengan arahan bapak Presiden tentang satu peta satu kebijakan,  yang telah dicanangkan beberapa waktu lalu.

“Guna memaksimalkan kegiatan ini kedepan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan, kelurahan, tokoh masyarakat, agama, pemuda dan unsur masyarakat lainnya.

Ditambahkan Ichwanul, dengan kegiatan tersebut diharapkan percepatan penetapan dan penegasan batas kelurahan berdasarkan Permendagri Nomor 45 tahun 2016 dapat segera terealisasi.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Dengan jelasnya batas antar wilayah tersebut, diharapkan dapat menyelesaikan masalah administrasi kependudukan dan hak lainnya,” tutupnya. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Untuk memudahkan penyediaan data batas kelurahan pada tiga  Kecamatan di Kota Bima, Bagian Administrasi Pemerintahan (AP) Setda Kota Bima bersama Badan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Setelah melalui tahap penilaian dari tim juri di tingkat Provinsi NTB, akhir diputuskan tiga pemenang lomba kelurahan dan desa terintegrasi. Kelurahan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Rombongan tim penilai Lomba Kelurahan Terintegrasi Tingkat Provinsi NTB di Kelurahan Rite Kota Bima, Jum’at (22/6) pagi disambut meriah warga. Begitu...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Wakil Wali (Wawali) Kota Bima, Feri Sofiyan, SH menyambut kedatangan rombongan  tim penilai Lomba Kelurahan Terintegrasi Tingkat Provinsi NTB Tahun 2019...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Rombongan tim penilai lomba kelurahan tingkat NTB sudah tiba di Bima untuk penilaian di Kota Bima.  Kelurahan Rite yang menjadi duta...