Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Bawaslu Kota Bima, Perkuat Basis Data

Sosialiasi penguatan basis data oleh Bawaslu Kota Bima.

Kota Bima, Bimakini.- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima menggelar sosialisasi kepada tim internalnya di kantor Bawaslu kemarin. Sosialisasi tersebut bertujuan untuk memperkuat tata laksana adminstrasi keuangan dan kearsipan.

“Dalam kegiatan internal ini, kami selenggarakan selama dua hari. Dan tentunya dihadiri oleh bagian internal kami saja,” jelas Ketua Divisi SDM Organisasi Data dan Indormasi, Asrul Sani SE kepada wartawan Rabu (28/8).

Dalam kegiatan tersebut lanjut Asrul, pihaknya menggandeng dua nara sumber yakni dari Kepala Perpustakaan dan Kepala BPKAD kota Bima.

Dipaparkan Asrul Sani, selama ini ada banyak sekali arsip di Bawaslu yang belum terdokumentasi dengan rapi. Tentunya kata dia pihaknya berniat untuk memiliki sistem pengarsipan yang baik.

“Untuk itu kami mesti melibatkan banyak pihak yang memahami. Karena ada banyak data yang mesti diklasifikasi termasuk data mana saja yang menjadi dokumen rahasia,” jelas mantan wartawan tersebut diruangannya kemarin.

Tidak itu saja lanjutnya, bentuk pelaporan juga menjadi atensi dalam rangka pengelolaan keuangan, merujuk laporan keuangan Bawaslu pusat yang mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP.

“Dan kami di daerah juga harus merujuk hasil dan prestasi pertanggung-jawaban di Bawaslu pusat,” pria yang akrab disapa dae Asrul.

Selain dengan menghadirkan narasumber sumber, pihaknya mengirim beberapa staf umtul belajar langsung atau magang di Dinas Perpustakaan, demi menyeriusi tata cara kearsipan yang baik dan benar. (IQO)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.- Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima Menggelar Apel Siaga Patroli Pengawasan menghadapai masa tenang hingga pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2024,...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.- Setiap tahapan Pemilu, memiliki tingkat kerawanan sendiri. Maka perlu ada pemetaan kerawanan disetiap tahapan, tertama masa tenang dan saat pungut hitung....

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.-  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima telah melakukan pengawasan dan pencermatan, terhadap data pemilih di Kota Bima untuk Pemilu tahun 2024....

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.- Proses pelipatan serta penyortiran surat suara telah selesai dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima selama 8 hari, 5 Januari...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bima mengawasi ketat kegiatan penyortiran dan pelipatan surat suara pemilihan umum (Pemilu) 2024, Sabtu (6/1/2024)...