Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Bejo Indonesia Kenalkan Bawang  Maserati di Kota Bima

Kota Bima, Bimakini.- Bejo Indonesia menggelar “Open Day” bersama Dinas Pertanian Kota dan Kabupaten Bima di lahan demo plot kelompok Tani Sanggopa Kelurahan Kolo Kecamatan Asakota Kota Bima, Kamis (1/8/2019).

Kegiatan tersebut  sekaligus guna memperkenalkan benih bawang merah variates unggul yang berasal dari biji Maserati F1. Pada kelompok tani dan enyuluh serta penggiat bawang, Bejo memperkenalkan cara budidaya Mulai dari fase penanaman, fase semai, pertumbuhan dan panen.

Country Manager Bejo Indonesia, Agung Pratama mengatakan “Open Day” adalah kegiatan dimana Bejo Indonesia membuka pintu lahan demo plot untuk semua stakeholder atau pemangku kepentingan dan penggiat bawang. Untuk memperkenalkan teknologi penananaman bawang dari biji atau dikenal dengan TSS (True Shallot Seed).

“Open Day ini juga sebagai sarana pelatihan dan pertemuan teknologi penanaman bawang dari biji,” terang Agung.

Dalam kegiatan bersama jajaran Dinas Pertanian Kota Bima dan Dinas Pertanian Kabupaten Bima tersebut, dilaksanakan pula panen bersama dan pemaparan lapangan bersama sejumlah kelompok tani, penyuluh pertanian dari Kota dan Kabupaten Bima juga siswa SPP Pertanian Negeri Bima.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Kita berikan edukasi kepada semuanya dari tiga bagian penting prosesnya, mulai dari penanaman biji bawang merah Maserati, fase persemaian, pemeliharaan dan fase panen,” jelas Agung.

Sementara Ketua Kelompok Tani Sanggopa Awaludin  mengaku senang dengan adanya teknologi penanaman bawang dari biji.

“Maseratif F1 adalah benih bawang merah hibrida yang sesuai dengan keinginan kami petani untuk menghasilkan bawang yang berkualitas,” aku Awaludin yang menjadi tuan rumah ajang pertemuan ini dan berkesempatan mencoba penanaman dari biji untuk bawang merah hibrida varietas Maserati F1.

Kepala Dinas Pertanian Kota Bima Ir Darwis HY melalui Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Ir Abdul Nazir mengaku bangga dengan kehadiran Bejo Indonesia dengan membawa bawang merah dari biji varietas Maserati F1. Kehadiran viarates tersebut akan semakin menggairahkan para petani bawang khususnya di Kota Bima.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Tentunya dengan melihat hasil yang diperlihatkan saat panen bersama ini, sangat menjanjikan dalam memberikan pendapatan yang lebih bagi para petani,” tegasnya yang didampingi Kabid Perkebunan Agussalim dan jajaran Dinas Pertanian Kota Bima. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Rupanya, selama ini bibit bawang merah hasil penangkaran para petani yang dikirim ke luar daerah berganti label menjadi hasil produksi daerah lain....

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Seiring petani mulai menanam bawang merah pada musim kering ini, harga bibit mulai dirasakan merangkak naik. Harga bibit lama hingga menyentuh angka...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Sebanyak 40 Kelompok Tani (Poktan) pada 13 kecamatan di Kabupaten Bima segera mendapatkan bantuan bibit bawang merah. Sebagian petani pada sejumlah kecamatan sudah...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Harga bibit bawang merah di Kabupaten Bima semakin melambung tinggi. Hal itu dipicu faktor kebutuhan warga setiap kampung yang ingin memiliki bibit...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Melalui serangkaian investigasi yang telah dilakukan, Barisan Pemuda Bima Nusantara (Bardam Nusa)  menyimpulkan terdapat adanya pontensi konspirasi atau main mata oleh PT....