Ekonomi

Bejo Indonesia Kenalkan Bawang  Maserati di Kota Bima

Kota Bima, Bimakini.- Bejo Indonesia menggelar “Open Day” bersama Dinas Pertanian Kota dan Kabupaten Bima di lahan demo plot kelompok Tani Sanggopa Kelurahan Kolo Kecamatan Asakota Kota Bima, Kamis (1/8/2019).

Kegiatan tersebut  sekaligus guna memperkenalkan benih bawang merah variates unggul yang berasal dari biji Maserati F1. Pada kelompok tani dan enyuluh serta penggiat bawang, Bejo memperkenalkan cara budidaya Mulai dari fase penanaman, fase semai, pertumbuhan dan panen.

Country Manager Bejo Indonesia, Agung Pratama mengatakan “Open Day” adalah kegiatan dimana Bejo Indonesia membuka pintu lahan demo plot untuk semua stakeholder atau pemangku kepentingan dan penggiat bawang. Untuk memperkenalkan teknologi penananaman bawang dari biji atau dikenal dengan TSS (True Shallot Seed).

“Open Day ini juga sebagai sarana pelatihan dan pertemuan teknologi penanaman bawang dari biji,” terang Agung.

Dalam kegiatan bersama jajaran Dinas Pertanian Kota Bima dan Dinas Pertanian Kabupaten Bima tersebut, dilaksanakan pula panen bersama dan pemaparan lapangan bersama sejumlah kelompok tani, penyuluh pertanian dari Kota dan Kabupaten Bima juga siswa SPP Pertanian Negeri Bima.

“Kita berikan edukasi kepada semuanya dari tiga bagian penting prosesnya, mulai dari penanaman biji bawang merah Maserati, fase persemaian, pemeliharaan dan fase panen,” jelas Agung.

Sementara Ketua Kelompok Tani Sanggopa Awaludin  mengaku senang dengan adanya teknologi penanaman bawang dari biji.

“Maseratif F1 adalah benih bawang merah hibrida yang sesuai dengan keinginan kami petani untuk menghasilkan bawang yang berkualitas,” aku Awaludin yang menjadi tuan rumah ajang pertemuan ini dan berkesempatan mencoba penanaman dari biji untuk bawang merah hibrida varietas Maserati F1.

Kepala Dinas Pertanian Kota Bima Ir Darwis HY melalui Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Ir Abdul Nazir mengaku bangga dengan kehadiran Bejo Indonesia dengan membawa bawang merah dari biji varietas Maserati F1. Kehadiran viarates tersebut akan semakin menggairahkan para petani bawang khususnya di Kota Bima.

“Tentunya dengan melihat hasil yang diperlihatkan saat panen bersama ini, sangat menjanjikan dalam memberikan pendapatan yang lebih bagi para petani,” tegasnya yang didampingi Kabid Perkebunan Agussalim dan jajaran Dinas Pertanian Kota Bima. (DED)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 54
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top