Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

BMKG : Hujan Diperkirakan Mulai September

Topan Primadi

Bima, Bimakini.- Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bima, Topan Primady, menjelaskan, berdasarkan hasil analisis dan perkiraan bagian perkiraan cuaca, musim hujan kategori rendah akan mulai bulan September hingga Novemver 2019.

“Berdasarkan kondisi dinamika atmosfer dan laut, prakiraan curah hujan di wilayah  Bima dan Dompu mulai pada bulan September hingga November 2019 berada pada kategori rendah,” jelasnya, Jumat (23/8).

Kata dia, berdasarkan tekanan udara secara umum pada bulan Juli 2019, rata-rata tekanan udara di Provinsi  Nusa Tenggara Barat berada pada kisaran 1012 – 1016 mb. “Diprakirakan tekanan udara  Benua Maritim Indonesia (BMI) masih dalam kondisi normal berkisar antara 1012 mb jingga 1016 mb,” jelasnya.

Lanjut dia, arah dan kecepatan angin secara umum selama bulan Juli 2019, angin di lapisan 850 milibar (mb) didominasi angin Timuran dengan arah angin Timurke Tenggara.  “Untuk bulan Agustus 2019, diprakiraan angin didominasi angin Timuran,” terangnya.

Sementara prakiraan musim diwilayah Bima, dengan memperhatikan beberapa aspek yang mempengaruhi musim seperti kondisi fisis, dinamika atmosfer, dan laut serta topografi lokal, diprediksi prospek kondisi iklim atau musim tiga bulan kedepan periode September hingga November 2019.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Prakiraan September 2019 prediksi curah hujan pada pada bulan September 2019 menunjukkan bahwa wilayah Bima dan sekitarnya memiliki curah hujan yang rendah berkisar < 20 mm,” jelasnya.

Prakiraan Bulan Oktober 2019, prakiraan curah hujan pada pada bulan Oktober 2019 menunjukkan bahwa wilayah Bima dan sekitarnya memiliki curah hujan yang rendah berkisar 0-50 mm.

Prakiraan bulan November 2019, Prakiraan curah hujan bulan November 2019 wilayah Bima dan Dompu menunjukkan berada pada kategori rendah berkisar antara 51-100 mm/bulan, sedangkan wilayah Bima bagian timur (Sape dan Lambu) berkisar antara 21-50 mm/bulan. (MAN)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Opini

Oleh : Afriyas Ulfah,SST ( Forecaster and Observer Iklim BMKG NTB) Wilayah Bima merupakan wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang terletak di ujung...

Opini

Oleh :  Anas Baihaqi, S.P. Sebagaimana dimaklumi bahwa Indonesia adalah negara yang terletak di kawasan garis lintang 0o atau yang biasa dikenal dengan garis...

Opini

Oleh : Afriyas Ulfah,SST (Forecaster and Observer Iklim BMKG NTB) Pada akhir bulan Maret 2021 Stasiun Klimatologi Lombok Barat NTB telah melakukan diseminasi informasi...

Opini

Oleh : Afriyas Ulfah,SST ( Observer dan Forcaster Iklim BMKG NTB) Masih sangat hangat perbincangan tentang Siklon Tropis “Seroja” yang menghantam wilayah Nusa Tenggara...

Opini

Oleh : Anas Baihaqi, S.P. (Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi Lombok Barat) Jika diterjemahkan secara bebas, yang dimaksud dengan “new normal” atau kenormalan yang baru,...