Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Di NTB, Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Berlangsung Khidmat

Mataram, Bimakini.- Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 Tingkat Provinsi NTB, berlangsung lancar dan penuh khidmat. Kegiatan yang dipusatkan di lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB itu dimulai sekitar pukul 10.00 Wita.

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, bertindak sebagai inspektur upacara dan cadangannya adalah Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djaillah. Pembaca teks Proklamasi Kemerdekaan RI, Ketua DPRD Provinsi NTB, Hj. Baiq Isvie Rupaedah. Sementara yang bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Letkol Infrantri Gede Putu Wardana dari Danyonif 742/SWY. Kemudian, Perwira Upacara adalah Mayor Infantri Heri Mujiyono dari Dandenbekang Mataram.

Upacara yang dilaksanakan setiap tanggal 17 Agustus itu, diawali dengan Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan oleh Gubernur NTB, dengan menekan tombol sirine sekitar 10 detik. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan oleh Ketua DPRD Provinsi NTB.

Usai doa oleh pejabat Kementerian Agama Wilayah Provinsi NTB, acara dilanjutkan dengang pengibaran bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) oleh 28 siswa-siswi terbaik dari sepuluh kabupaten/kota di NTB. Mereka telah diseleksi dan dikukuhkan oleh Gubernur NTB. Pasukan tersebut dikomandoi oleh Letnan Satu, CKM Bambang Tri Laksono.

Dengan langkah tegap, rapi dan semangat, para Paskibraka itu berjalan mulai dari pintu Barat Kantor Gubernur NTB. Disaksikan ratusan pasang mata, para pasukan ini berlajan ke arah timur dan berhenti tepat di depan tiang putih yang akan dipergunakan untuk pengibaran bendera Merah Putih tersebut.

Pembawa baki pada upacara kali ini dipercayakan kepada Masayu Farah Rachmadani, siswi SMA Negeri 4 Kota Mataram. Sebelum dikibarkan, siswa yang hobi olahraga voli ini berjalan ke arah mimbar upacara untuk menerima bendara Merah Putih dari Gubernur NTB. Setelah itu, bendara dikibarkan pada tiang setinggi dua puluh meter diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Pengibaran bendera Merah Putih pun berhasil dilakukan tanpa ada kendala.

Gubernur usai upacara berharap momentum hari kemerdekaan ini menyadarkan seluruh masyarakat Indonesia bahwa mengisi kemerdekaan itu jauh lebih sulit dari merebut kemerdekaan.

“Jangan sampai pengorbanan para pahlawan kita, para pendahulu kita, para founding fathers kita, dengan darah dan air mata, harta dan lain sebagainya, tidak dimaknai secara mendalam,” ungkap Gubernur.

“Mudah-mudahan dengan HUT Kemerdekaan RI ini masyarakat NTB terus bangkit dan Negara Indonesia lebih maju lagi,” katanya.

Upacara tersebut juga melibatkan anggota TNI, Polri, ASN, Veteran, Ormas sebagai pasukan. Dderetan kursi tamu, terlihat para mantan Gubernur dan WakiL Gubernur NTB beserta istri. Tidak ketinggalan para pejabat lingkup Pemerintah Provinsi NTB. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

NTB

Kota Bima, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah  menyebut dari seluruh Kabupaten/Kota, di Bima lah yang paling banyak balihonya. “Saat masuk ke Kota Bima,...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Gubernur NTB melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas pengembangan SDM...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Kehadiran Gubernur NTB yang melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Pemerintah Kabupaten Dompu telah berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM. Ketiga pilar itu diantaranya, tidak buang air besar (BAB)...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Dinilai berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM, yakni Pilar tidak buang air besar (BAB) sembarangan (Stop BABS), mencuci tangan...