Pemerintahan

Dinas PUPR Kabupaten Bima Pastikan Program Pemeliharaan Jalan Berjalan Maksimal

Kabid Bina Marga, Sutami, ST.

Bima, Bimakini.- Enam paket program pemeliharaan ruas jalan di Kabupaten Bima tahun 2019 berjalan maksimal. Kadis PUPR melalui Kabid Bina Marga, Sutami, ST, mengaku ini semua berkat kerja sama dengan Tim TP4D yang melakukan pengawasan.

Sutamimengaku, enam paket program pemeliharaan jalan di Kabupaten Bima berjalan sesuai rencana. “Setiap ada kendala di lapangan, kami bersama Tim TP4D langsung mengatensi dengan memberikan penjelasan kepada masyarakat, sehingga kendala itu bisa diselesaijan secara baik dan maksimal,” ujarnya, di ruang  kerjanya, Rabu (28/8).

Dalam  pelaksanaan lapangan, kata dia, selalu  ada kendala, namun tidak berarti. Sebab semuanya mampu dirasionalkan dengan melakukan sosialisasi dan pendekatan kepada masyarakat.

“Kendala tehnis di lapangan tidak ada, kalau non tehnis, dalam pekerjaan ada oknum melihat dan mempertanyakan dalam kecamata mereka tidak sesuai spek, tapi mampu kami jelaskankan sesuai mekanisme dan prosedur,” katanya.

Dia juga mengaku, pengerjaan program di Bidang Bima Marga PUPR Kabupaten Bima, menggunakan dana bersumber dari DAU dan DAK. Dikerjakan sesuai perencanaan hasil survei lapangan yang matang dengan data maksimal.

“Kendala pekerjaan menggunakam dana pusat tidak ada, karena untuk menentukan ruang sudah melalui mekanisme dan prosedur yang panjang dan data pendukung yang lengkap. Sehingga baru bisa menentukan ruas jalan diprioritas untuk dilaksanakan,” katanya.

Sementara pekerjaan menggunakan dana dari daerah, memiliki keterbatasan. Selain anggaran yang terbatas, ruas jalan yang panjang dan wilayah yang luas, sehingga terjadi kendala dalam penggangaran.

“Kami harus pilih ruas yang menjadi prioritas dalam penanganannya, karena keterbatasan dana yang ada,” ujarnya.

Dia berharap, di tahun depan masih mendapatkan sumber dana yang bisa mendukung untuk tercapainya pemantapan jalan. (MAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 6
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top