Peristiwa

Hutan Gundul, 40 Ribu Pohon Siap Ditanam

Syaifullah, SHut, MSi

Bima, Bimakini.- Sebanyak 40 ribu pohon yang disemaikan siap ditanam di  wilayah  10 wilayah. Yakni antara lain di Kecamatan Dompu, Madapangga, Woha, Belo, Monta dan lainnya. “40  ribu pohon tersebut akan ditanam saat Musim Hujan (MH) akan dating,” ujar Kepala BKPH-TPMRW, Syaifullah, SHut, MSi, di ruangannya Selasa (6/8).

Kata Syaifullah, penanaman pohon tersebut merupakan program demplot agro Forestry atau yang biasa disebut rehabilitasi lahan dengan system tumpang sari. “Program ini merupakan bagian dari upaya penghijauan kembali hutan yang telah gundul,” tuturnya.

Saat ini kata dia, persemaian bibit pohon dilakukan di setiap resort yang menjadi sasaran KPH TPMRW. Yakni setiap wilayah terdiri dari 4 ribu pohon. “Jenis pohon yang disemaikan yakni Kemiri, Sri Kaya, Jabon dan tanaman serba guna lainnya,” jelasnya.

Lebih lanjut kata dia, penanaman pohon nantinya akan dilibatkan kelompok  masyarakat yang memiliki lahan. “Luas lahan 100 hektar. Yakni setiap lahan masing masing 10 hektar,” ungkapnya.

Dirinya berharap apa yang menjadi hajatan ini tidak menuai kendala, sehingga apa yang menjadi harapan bersama terwujud nyata. “Semoga program ini tidak menuai kendala sehingga pada akhirnya hutan kembali normal,” pungkasnya. (KAR)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 19
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top