Politik

Kertas Suara Calon BPD Tambe akan Gunakan Foto

Ketua Panitia Pemilihan BPD Tambe, Ahmad Usman

Bima, Bimakini.- Mesti dalam aturan kertas suara dalam pemilihan calon BPD se-Kabupaten Bima tidak diatur dan diharuskan pemasangan foto. Namun hampir disetiap desa para calon mengingankan foto terpasang dalam kertas suara tersebut.

Salah satunya, calon pengisian keanggotaan BPD Tambe yang menginginkan adanya foto. Bahkan mereka sepakat mengeluarkan biayanya masing-masing.

Ketua Panitia Pemilihan Keanggotaan Pengisian BPD Tambe, Ahmad Usman membenarkan calon BPD mengingankan dipasangnya foto dalam kertas suara. Bahkan keinginan tersebut telah mereka sepakati bersama dengan mengeluarkan biayanya masing-masing.

“Kita panitia hanya memfasilitasi saja keinginan mereka tersebut. Terkait besarnya biaya yang harus dikeluarkan setiap calon, itu urusan calon dengan pihak ketiga yang mengadakan kertas suara tersebut,” ujarnya.

Dalam aturannya, kertas suara pemilihan tersebut hanya dicantumkan nama dan nomor urut. Namun karena pertimbangan mereka aturan tersebut tak dinilai tak maksimal terutama bagi pemilih yang butu huruf dan angka. Terpaksa para calon mengingankan adanya pemasangan foto tersebut.

“Kalau kertas suaranya hanya dicantumkan nama dan nomor urut, jelas biayanya akan ditanggung panitia sebab itu sesuai aturannya. Namun karena permintaan calon menginginkan pasang foto, mereka sepakat biaya mereka tangggung masing-masing,” ungkapnya.

Dijelaskannya, jumlah calon BPD Tambe sebanyak 46 orang. Yakni keterwakilan wilayah sebanyak 36 orang dari delapan dusun. Sedangkan keterwakilan sebanyak 10 orang.

“Jumlah anggota BPD Tambe ini sebanyak sembilan orang. Yakni keterwakilan wilayah delapan orang dan keterwakilan perempuan satu orang,” terangnya.

Lanjutnya, berdasarkan data yang dihimpun oleh panitia bahwa keterwakilan wilayah ini akan dipilih sekitar 4600 pemilih baik perempuan maupun laki-laki. Sedangkan keterwakilan perempuan dipilih sebanyak 3000 pemilih perempuan saja.

“Kalau dihitung dari jumlah pemilih baik keterwakilan wilayah dan perempuannya serta ditambah dua persennya yakni totalnya sebanyak 7.752 kertas suara,” pungkasnya. (KAR)

Share
  • 229
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top