Ekonomi

KPP Pratama Raba Bima Edukasi UMKM Soal Pajak

Suasana stand KPP Prama Raba Bima saat gebyar UMKM, Ahad.

Kota Bima, Bimakini.- Kantor Pelayanan pajak (KPP) Pratama Raba Bima, ikut  ambil bagian dalam dalam gebyar UMKM yang diadakan Pamkot Bima, Sabtu – Ahad (3-4/8) di halaman Gedung Seni Budaya. Kehadiran UMKM yang  gebyar dimanfaatkan untuk memberikan edukasi tentang  pajak.

Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan KPP Raba Bima, Parizal mengatakan, tidak hanya edukasi tentang pajak diberikan ke UMKM yang menjadi peserta, namun juga pengunjung lainnya. Selain itu, untuk menerik minat masyarakat ke stand KPP Pratama, disiapkan hadiah dooorprize.

Pengunjung cukup menulis nama dan NPWP-nya, selanjutnya memilih hadiah sendiri yang disediakan. Selain itu,  menyediakan photoboth untuk berswafoto.

Untuk edukasi pajak, kata dia, petugas mendatangi stand UMKM. Sistem jemput bola ini, untuk lebih memberikan pemahaman tentang pajak. “Perlu dipahami,  beda pajak daerah dengan pajak pusat. Pajak pusat basisnya adalah NPWP dan terkait penghasilan,” terangnya kepada Bimakini.com, Ahad.

Pojok pajak yang dihadirkan, kata dia, agar masyarakat kedepannya tidak kaget. Jika usahanya berkembang, maka dapat menjadi wajib pajak yang baik.

“Mulai sekarang perlu dikenalkan, agar tidak menganggap pajak sebagai momok menakutkan. Jika usahanya berkembang, maka tidak kaget lagi kedepannya,” ungkapnya.

Harapannya ke UMKM,  dapat sahabat pajak dengan tagline “Pajak tidak Serem”. “”Sejak kecil harus kenal pajak, terget kami kepatuhan pajak,” terangnya.

Sebelumnya juga, kata dia, pihaknya sepanjang tahun memogramkan sosialisasi. Tentu dengan segmen berbeda-beda, mulai anak sekolah, kampus dan bertutur. “Ada juga pengusaha yang tergabung dalam Gapensi dan penyuluhan ke desa-desa, terkait dengan dana desa,” ujarnya. (IAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 21
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top