Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Manfaatkan Call Center 112 untuk Kedaruratan

Kepala Dinas Kominfo Kota Bima, Supawarman

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bima menghimbau masyarakat untuk memanfaatkan layanan call center 112 untuk situasi kedaruratan, sehingga dapat dengan cepat di ditindaklanjuti oleh pemerintah dan aparat keamanan.

Layanan call center 112  sudah diluncurkan awal tahun ini. Layanan ini berfungsi untuk melayani warga dalam situasi darurat. Disejumlah daerah di Indonesia, sudah banyak yang menerapkannya. Termasuk di NTB yaitu Kota Bima.

Ternyata pemanfaatan layanan call center untuk tujuan layanan informasi kedarurat belum maksimal.  Dari ribuan kali telepon yang masuk pada layanan itu, yang benar – benar melaporkan situasi kedaruratan bisa dihitung jari.

“Sejak Januari sampai bulan Juni tahun 2019 ini , sudah lebih dari 8 ribu kali telepon yang masuk di 122. Tapi laporan soal situasi yang benar – benar darurat hanya 4 kali,” ungkap Kepala Dinas Kominfo Kota Bima, Supawarman, Jumat (2/8) dikantornya.

Dari empat  kali informasi  yang disampaikan masyarakat itu,  pertama ada sebayak dua  kali peristiwa kebakaran, kemudian orang yang membutuhkan Ambulance dan tawuran antar pelajar.

Dari informasi dilaporkan itu,  sesuai manfaat dan tujuan layanan call center kemudian  akhirnya dapat direpson dengan cepat oleh OPD terkait, guna mengantisipasi dan mengatasi situasi kedaruatan terjadi.

Untuk itu, Supawarman beraharap sekaligus menghimbau agar dapat memanfaatkan layanan Call Center 122 itu bisa dimanfaatkan dengan baik. Masyarakat dapat Melaporkan peristiwa penting yang bersifat kedaruratan, sehingga bisa direspon dengan cepat oleh pemerintah.

“Harapannya juga minta laporkan yang bersifat kedaruratan. Jangan dipakai main-main, karena ini penting. kemarin kami di Kominfo menerima telepon masyarakat yang mengeluhkan Handponenya rusak, padahal itu bukan tugas 112,” sesalnya.

Dia menjelaskan, apabila nomor 112 sudah dihubungi, akan ada interaksi yang disampaikan oleh operator. Operator akan menanyakan dari mana sumber yang menelpon, dan informasi penting yang bersifat kedaruratan apa yang disampaikan.

“Jadi sekali lagi kami berharap, manfaatkan layanan 112 ini sebaik mungkin,” ujarnya. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Bima menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tenaga Informasi dan Teknologi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Launching pusat kendali Informasi Tehnologi Comand Center Kota Bima terpaksa ditunda hingga awal Maret. Alasannya karena salah satu tim ahli terkonfirmasi...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Mendukung upaya maksimalnya pelayanan  masyarakat serta verifikasi pembayaran Tukin tahun 2021, Pemkot Bima melalui Dinas Komunikasi, informatika dan Statistik (Diskominfotik) akan...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Wilayah Kota Bima yang tidak bisa akses jaringan (blank spot), hingga tahun 2021 tidak dianggarkan oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) karena...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Sesuai Perda 9 tahun 2020 tentang  Perubahan atas Perda Kota Bima 5 tahun 2016 tentang pembentukan susunan perangkat daerah Kota Bima....