Peristiwa

Panggung MTQ Tingkat Kabupaten Bima Berbentuk Kapal

Bima, Bimakini.- Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-30 Tingkat Kabupaten Bima, akan dihelat di Kecamatan Langgudu. Menariknya, panggung MTQ dibangun berbentuk kapal. INi menunjukan simbol dan ciri khas karakter kehidupan masyarakat Langgudu.

“Kami membangungun panggung medan MTQ tingkat Kabupaten Bima berbentuk kapal ini, menunjukan simbol dan ciri khas karakter kehidupan masyarakat Langgudu yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan dan kekeluargaan,” jelas Ketua Panitia, Drs Hamdiah, Jumat (30/8).

Kata dia, mimbar MTQ yang berbentuk kapal ini, merupakan hasil karya terbaik masyarakat Kecamatan Langgudu.  Hanya membutuhkan waktu 360 jam untuk merampungkannya dengan melibatkan puluhan seniman dan ratusan pekerja.

“Panggung tersebut dikerjakan selama 15 hari dengan total waktu hanya 360 jam, memiliki ukuran panjang 20 meter dan lebar 15 meter,” katanya.

Menurutnya, pembangunan dan pengerjaan panggung ini terbilang sangat cepat. Sebab hanya membutuhkan waktu puluhan hari saja, dimulai 16 Agustus 2019.

“Meski waktu pengerjaan tidak lama, tapi sekarang hasilnya sudah terlihat 95 persen, tinggal penyelesaian bagian-bagian kecil dan finishing saja,” katanya.

Dikatakannya, panggung tilawah yang berbentuk kapal ini, bernilai menjunjung tinggi kebersamaan dan kekeluargaan. “Dengan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong-royongan panggung MTQ ini, mulai selesai dan terlihat megah,” kata dia.

Lanjut dia, tiang layarnya sudah berdiri kokoh, begitupun untuk kain layar sudah terpasang dengan baik. Sehingga tergambarkan simbol aktifitas masyarakat teluk tanjung Langgudu dan Teluk Waworada yang memiliki semangat bergotong royong.

Sementara Camat Langgudu, Abubakar, SH, menambahkan segala persiapan seperti ruang juri, ruang tunggu kafilah dan instalasi lampu sudah terpasang dan begitupun tribun para tamu undangan dan para penonton juga sudah selesai pembangunannya.

“Panggung MTQ ini merupakan kebanggaan kita bersama dan merupakan hasil karya terbaik masyarakat Langgudu, untuk penyelenggaraan acara MTQ ke-30 Tingkat Kabupaten Bima Tahun 2019,″ ujarnya.

Kata dia, Pawai Ta’aruf dan Pembukaan akan dimulai Minggu 1 September 2019, diikuti seluruh tamu undangan dari 18 Kecamatan, kegiatan tersebut dijadwalkan dipimpin langsung Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE dan Wakil Bupati Bima, Drs. H Dahlan HM. Noer, M.Pd. (MAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 1.9K
    Shares
To Top