Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Satu Jam Penyidik Geledah Kantor Bappeda, Sita Sejumlah Dokumen

Aparat saat menyita dokumen.

Kota Bima, Bimakini.- Setelah pekan lalu memeriksa para pegawainya, penyidik Tipidkor Reskrim Polres Bima Kota Senin (26/8) akhirnya mendatangi Kantor Bappeda Litbang Kota Bima. Terhitung penyidik menggeledah kantor tersebut selama kurang lebih satu jam lamanya.

Usai menggeledah kantor yang berada di bilangan eks Kantor Pemkot Bima tersebut penyidik nampak membawa sejumlah bundelan-bundelan data dan kemudian diangkut ke dalam mobil penyidik.

Pantauan Bimakini.com, penyidik berangkat dari Polres Bima Kota sekitar pukul 10.10 wita dan langsung menuju kantor Bappeda Litbang Kota Bima hingga selesai menjelang siang Senin kemarin.

Kapolres Bima Kota melalui Kasat Reskrim, IPTU Hilmi Manossoh Prayugo mengaku pihaknya mendatangi langsung kantor Bappeda tersebut, untuk mengambil data SPJ yang selama ini telah dimintai melalui surat selama beberapa kali sejak tahun silam.

“Dimintai secara tertulis tidak diberikan juga, ya kami terpaksa datangi saja ambil sendiri datanya,” jelas Hilmi kepada wartawan. Waktu selama satu jam tersebut lanjut Hilmi, polisi menunggu data tersebut dikeluarkan pihak Bappeda.

Rupanya beber Hilmi, data tersebut sedang dikuasai oleh seorang pegawai Inspektorat berinisial An. “Nah An ini dimintai oleh saudari NS melengkapi administrasi,” beber Hilmi.

Setelah menunggu lama, akhirnya An menyerahkan data ke Bappeda dan langsung diambil oleh tim penyidik yang telah menyiapkan mobil untuk mengangkutnya.

Hilmi mengungkap semua data yang disita adalah SPJ. Hanya saja, tidak semua SPJ tersebut ada kerugian negaranya karena ada juga yang bersifat administrasi.

“Tapi dokumen yang kami ambil tadi itu,  termasuk data SPJ yang kerugian negaranya satu miliar lebih itu, ” tandas Hilmi.

Pantauan  BimaEkspres, Kepala Bappeda Litbang Kota Bima H Fakhrunraji dan pengakuan para pegawai setempat, tidak berada di tempat lantaran tengah Dinas Luar bersama kepala daerah di Labuan Bajo, NTT.

Lain halnya dengan Kepala Inspektorat,  yang turut menemui tim penyidik terlihat cuek dengan awak media. Ketika dibuntuti hingga ke ruang kerjanya, mantan Sekwan ini dengan singkat mengaku bahwa data yang dibawa oleh penyidik bersumber dari Inspektorat.

“Saya juga tidak tahu,  kalau data itu ada di sini. Hanya itu, jangan wawancara saya, ” kata Muhaemin SE singkat.

Sekretaris Bappeda Ir Tafsir yang dikonfirmasi membantah jika penyidik Tipikor datang menggeledah kantor Bappeda Litbang.   “Bukan geledah, hanya mengambil data saja,” tutupnya dengan kalimat singkat. (IQO)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Bappeda Litbang menyelenggarakan Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Walikota Bima tentang Pedoman Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah dan Rancangan Perwali tentang pedoman...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Sorotan dewan tentang terlambatnya penyerahan dokumen refocusing ditanggapi oleh Kepala Bapedda dan Litbang, Muhammad Fakhrunraji. Dijelaskannya, pembehasan sudah selesai, hanya tinggal...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.-  Meskipun dijadwalkan Selesai per 31 Maret, ternyata Proses Refocusing anggaran Kota Bima tahun 2021 untuk penanganan Covid19 masih berlanjut sampai pekan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Sesuai program tertuang dalam RPJMD kota Bima, penuntasan masalah air bersih, kesehatan dan kawasan kumuh menjadi prioritas pembangunan. Termasuk di dalamnya...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Mantan Wakil Walikota Bima, H Arahman H Abidin akhirnya memenuhi panggilan penyidik Polres Bima Kota sebagai saksi kasus dugaan korupsi honor...