Hukum & Kriminal

Tekan Laka, Sat Lantas Bentuk Forum Lalulintas

IPTU Agus Pujianto, SPd

Bima, Bimakini.- Kecelakaan (Laka) di wilayah hukum Polres Bima menjadi momok menakutkan bagi pengendara dan masyarakat. Sebab tidak sedikit mengakibatkan korban jiwa. Untuk itu, Satlantas Polres Bima telah membentuk forum lalulintas Kabupaten Bima melibatkan semua unsur terkait.

“Kita sudah beberapa kali gelar pembahasan dan rapat bersama Pemda Bima terkait pembentukan forum lalulintas Kabupaten Bima, hasilnya disepakati pembentukan untuk ketertiban jalan,” jelas Kasat Lantas Polres Bima, IPTU Agus Pujianto, SPd, di ruang kerjanya Selasa (6/8).

Lanjut dia, pembentukan forum lalulintas ini, oleh Agus sendiri sudah dibuatkan surat dan telah diajukan ke Pemda Bima untuk mendapatkan Keputusan Bupati Bima.

“Kami sudah ajukan untuk menjadi keputusan Bupati Bima terkait dengan forum lalulintas ini,” jelasnya.

Menurut dia, forum lalulintas ini tidak hanya melibatkan Satlantas Polres Bima, namun melibatkan Pemda, Dishub, PU, LSM, masyarakat dan kelompok-kelompok masyarakat.  “Mereka diberikan peran masing-masing sesuai tupoksi, terutama memberikan edukasi lalulintas kepada masyarakat secara umum,” jelasnya.

Dia mengaku, hal ini muncul, mengigat banyaknya kecelakaan mengakibatkan pengendara meninggal dunia. Pemerintah sendiri mengiginkan untuk dilakukan upaya untuk meminimalisir kecelakaan di jalan raya.

“Kita tidak berbicara hari ini, tapi forum yang dibentuk ini akan secara maksimal bekerja untuk lima tahun kedepan, makanaya mulai saat ini jalan harus ditertibkan,” katanya.

Kata dia, marka jalan harus ada dan itu tugasnya PU, daerah akan maju kalau jalan rayanya aman. “Faktor penyebab kecelakaan harus diperbaiki dulu supaya prospek kedepan dapat dibenahi setahap demi setahap,” pungkasnya. (MAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 26
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top