Peristiwa

12 Oktober, Parade Kuda Pacuan dan Rimpu di Kota Bima

Yuliana

Kota Bima, Bimakini.- Meriahkan HUT ke-74 TNI,  Pemkot Bima melalui Dinas Pariwisata akan menggelar parade kuda dan pawai rimpu, 12 Oktober 2019.

Kepala Bidang Pemasaran dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata Kota Bima, Yuliana pada wartawan diruang kerjanya Rabu (17/9) mengaku untuk agenda Oktober 2019 sudah terjadwal berbagai kegiatan promosi pariwisata khususnya dibidang kebudayaan.

Rangkaian kegiatan tersebut sekaligus juga memeriahkan HUT TNI. Beberapa agenda kegiatan akan digelar selama dua hari berturut-turut, mulai tanggal 12 sampai 13 Oktober.

Untuk 12 Oktober akan digelar Parade Kuda Pacuan dan akan diikuti oleh ratusan kuda. Termasuk dengan joki ciliknya.

Gagasan digelarnya parade kuda pacuan ini adalah dalam rangka menyampaikan slogan “Ingat Kuda Ingat Bima”. Karena Bima terkenal dengan pacuan kuda serta joki ciliknya. “Kalau tak ada halangan semua kuda akan berlaga di pacuan kuda kota Bima akan mengikuti parade,” ujar Yuliana.

Kuda yang  ikut parade nantinya akan dihias layaknya berlaga di arena. Tidak saja parade kuda, bersamaan  dengan pawai rimpu.

Untuk pawai rimpu ini sesuai rencana akan diikuti oleh 15 ribu perserta. Mulai dari kelurahan, kecamatan, seluruh OPD, sekolah dan siswa serta guru-guru. Untuk rute dari lapangan Serasuba kemudian finish di lapangan Lawata.

Lanjut Yuliana, tidak sampai disitu, di pantai Lawata akan dilanjutkan dengan pentas budaya. Seperti Ntumbu Tuta, Buja Kadanda, Sere dan berbagai tarian khas Bima.

Seluruh masyarakat nantinya bisa ikut berpatisipasi sekaligus menyaksikan langsung berbagai kegiatan kebudayaan akan digelar Pemkot Bima melalui Dinas Pariwisata.

Setelah itu, akan dilanjutkan dengan lomba Tryathlon dan Twoathlon. Rencananya akan dihadiri Pangdam Udaya. (DED)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 31
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top