Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Bang Zul – Umi Rohmi Kobarkan Semangat Para Atlet dan Kaum Disabilitas

Mataram, Bimakini.- Kegiatan Jumpa Bang Zul – Umi Rohmi, Jumat (6/9/2019), di Lapangan Atletik Mataram, dimanfaatkan pasangan Gubernur Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur Dr. Hj. Siti Rohmi Djalilah sebagai ajang diskusi sekaligus menghidupkan api semangat para atlet dan penyandang disabilitas untuk meraih prestasi setinggi-tingginya hingga ke kancah internasional.

Pada acara Jumpa Bang Zul-Umi Rohmi itu, sejumlah tokoh, pelatih, atlet dan ratusan masyarakat hadir untuk menyampaikan apresiasi, ide-ide baik hingga keluh kesah mengenai dunia olah raga di Bumi Gora ini.

Saat itu, Andik Budiandono, selaku pelatih cabang menembak mengawali menyampaikan masukan dan permohonan kepada pasangan Bang Zul – Umi Rohmi. Andik berterima kasih kepada tokoh-tokoh masyarakat NTB yang turut membantu dan mengapresiasikan kinerja dari para atlet menembak khususnya atlet menembak dari provinsi NTB.

Namun yang disayangkan oleh Andik, masih kurangnya fasilitas-fasilitas bagi para atlet menembak. Seperti rompi yang rusak hingga peluru yang digunakan terkadang para atlet harus membeli sendiri.

Lain halnya, Agus Sukmayadi Sekretaris, Futsal NTB mengatakan Tim Vamos atau tim futsal dari NTB adalah tim terbaik di tingkat nasional yang telah menjuarai liga futsal nasional atau Pro Futsal League pada tahun 2019. Ia berpendapat alangkah baiknya brand atau pelaku dunia usaha lokal masyarakat NTB ikut bersama-sama Tim Vamos Mataram, mencapai kancah Nasional hingga Internasional. Dengan cara mensponsori Vamos Mataram dan tentu saja, Vamos Mataram setiap bertanding di kancah nasional maupun Internasional akan menggunakan baju yang bertuliskan brand lokal NTB tersebut.

Berbeda dengan Agus Sukmayadi, seorang pelatih Pelatda Mayung NTB, mengeluh dan khawatir, minimnya anggaran akan menyebabkan kegiatan Pelatda Mayung terpaksa akan dihentikan. Untuk itu ia meminta kepada Gubernur dan Wakil Gubernur agar mengalokasikan anggaran, sehingga Pelatda Mayung itu tidak terhenti.

Selain itu, ia juga mengusulkan kepada Gubernur agar memperhatikan nasib para atlet yang selama ini telah berhasil mengharumkan NTB dan Indonesia di kancah internasional. Diantaranya dengan cara memberikan apresiasi yang layak untuk masa depan mereka.

Gubernur Zulkieflimansyah menyatakan sangat mendukung berbagai aktivitas olahraga yang dilakukan oleh masyarakat. Hanya saja aktivitas olahraga juga harus diimbangi dengan kegiatan belajar. “Orang yang seimbang itu, kata Gubernur adalah orang yang sehat fisiknya dan otaknya juga harus ditambah dengan banyak ilmu pengetahuan, sehingga bugar fisiknya, prima tubuhnya dan otaknya juga cerdas,” katanya.

Tidak hanya diimbangi dengan pendidikan, olahraga juga harus diimbangi dengan peningkatan spiritualitas. “NTB yang gemilang adalah masyarakat yang diisi oleh manusia manusia yang sehat tubuhnya, prima fisiknya, cerdas otaknya dan spritualitasnay berkualitas” jelasnya.

Saat itu Gubernur juga mengobarkan semangat 12 atlet-atlet futsal disabilitas yanf akan terbang menuju Palembang untuk mengharumkan nama NTB dalam kejuaraan futsal. Salah satu atlet disabilitas futsal, Ilham, yang berasal dari Lombok Timur mewakili teman-temannya menyatakan sangat antusias dan berterimakasih kepada Pemerintah NTB telah mendukung seluruh atlet disabilitas sehingga berangkat bertanding ke Palembang dengan biaya dari pemerintah.

Asep Irawan, penyandang disabilitas dari Jawa Barat mengaku menjadi atlet bukanlah halangan. Kekurangan fisik, bukan penghalang, yang penting api semangat. Bahkan ia pun pernah ikut audisi got talent, tapi belum berhasil. Kegagalan tersebut, bukan menyurutkan semangatnya untuk berprestasi. “Yang terpenting adalah api semangat,” tegasnya.

Kini dia terus traveling ke berbagai pelosok indonesia untuk mendesiminasikan dan menyuarakan hak-hal disabilitas sesuai dengan undang-undang.

Menanggapi beragam keluhan dan masukan tersebut, tidak lupa Gubernur menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi kepada para pelaku dunia olahraga khususnya para atlet NTB karena telah mengharumkan nama NTB. Menurutnya untuk memfasilitasi para atlet Pemerintah Provinsi NTB sudah mempunyai anggaran masing-masing. “Namun apabila terdapat kekurangan, kami berusaha untuk dapat bantuan dari luar. Maka dari itu mari bersama-sama kita bangun relasi yang baik kepada para pelaku dunia usaha khususnya di NTB. Memang tidak cepat untuk mendapatkan apa yang kita butuhkan, relasi itu harus dibangun pelan-pelan dan giat dilakukan, agar apa yang kita butuhkan dapat dipenuhi,”tegasnya. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

NTB

Mataram, Bimakini.- Program Jumpa Bang Zul dan Ummi Rohmi (Jangzulmi) kembali menyapa warga NTB, Kamis (16/4/2020). Melalui program ini, Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr....

NTB

Mataram, Bimakini.- Agenda Jumpa Bang Zul dan Umi Rohmi (Jangzulmi) akan kembali digelar, Kamis (16/4/2020), pukul 09.00 hingga pukul 11.00 Wita. Agenda yang mempertemukan...

NTB

  Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, akan menggelar Jumpa Bang Zul dan Umi...

NTB

Mataram, Bimakini.- Jumpa Bang Zul dan Ummi Rohmi atau biasa disingkat Jangzulmi digelar hari ini, Jumat (9/8/2019). Kegiatan yang berlangsung di lapangan Bumi Gora...

NTB

Mataram, Bimakini.- Setelah jeda sekitar dua bulan, kegiatan Jumpa Bang Zul dan Umi Rohmi (Jangzulmi) kembali hadir di tengah masyarakat NTB, Jumat (12/7/2019), dirangkaikan...