Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Desa Sai Belum Tetapkan Nama Cakades

Tajudin, MH

Bima, Bimakini.- Dari 82 desa yang melaksanakan pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bima Desember 2019, satu desa belum menetapkan nama calon.Yaitu Desa Sai, Kecamatan Soromandi.

“Hanya Desa Sai Kecamatan Soromandi yang belum menetapkan nama calon Kepala Desa, selain itu, semuanya sudah selesai sesuai dengan tahapan berlaku,” jelas Kepala DPMDes Kabupaten Bima Tajudin, MH, di ruang kerjanya Senin (23/9).

Kata dia, tahapan Pilkades tetap berjalan sesuai dengan mekanisme yang ada. Apapun masalahnya, tidak bisa menggangu proses yang ada, pihaknya tetap merujuk pada UU, Perda maupun Perbup.

“Walaupun nama calon kepala Desa Sai belum ditetap oleh Panitia setempat, namun tidak bisa menggangu proses yang sedang berjalan di Desa lain atau merubah UU yang berlaku,” ujarnya.

Dia menjelaskan, sebelum tahapan penetapan nama calon kepala desa, masyarakat telah mengadukan ke dinas, untuk pembekuan panitia. Karena dianggap memberikan dukungan kepada salah satu bakal calon.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Masyarakat mengajukan aduan untuk mengganti ketua dan anggota Panitia Pilkades Desa Sai, karena sejak awal dinilai curang melaksanakan setiap tahapan, hasil kesepakan di Desa, sehingga panitia diberhentikan sebelum penetapan,” katanya.

Dia mengimbau kepada masyarakat di 82 Desa melaksanakan Pilkades, DPMDes tidak punya kepentingan dalam pelaksanakan pilkades ini. Apalagi mengambil alih keputusan di Desa yang memiliki masalah.

“Fungsi kami hanya mengawasi dan mengontrol pelaksanaan, kalau ada kendala, menerima untuk memfasilitasi tapi tidak berhak memutuskan, semua akan kembali ke Kepala Desa,  BPD, Panitia Pilkades dan masyarakat,” pungkasnya. (MAN)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, Rabu (3/8/2022) melantik 57 kepala desa hasil pemilihan kepala desa bergelombang, Juli lalu. Pelantikan berlangsung...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pasca-penyelenggaraan pemungutan Suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak  6 Juli 2022 lalu, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE menggelar Silaturahmi  dengan...

Politik

Bima, Bimakini.- Pemilihan Kepala Desa Karumbu Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima, berlangsung aman dan damai. Yang ikuti kontestasi sebanyak lima calon yaitu Drs Arsyid, kedua...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Situasi Kamtibmas selama pencoblosan dan penghitungan suara pemilihan kepala desa di 57 desa di Kabupaten Bima berlangsung aman. Pencoblosan berlangsung Rabu 6...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bima yang tinggal beberapa, Polres Bima kini terus mengencangkan Patroli Rutin mereka di wilayah...