Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Dinas Kominfo Kota Bima Siap Gelar GBIP Tingkat NTB

Drs Ahmadin, MAP

Kota Bima, Bimakini.-  Pemkot Bima melalui Dinas Kumunikasi dan Informatika (Kominfo) siap menggelar Gembyar Gerakan Bersama Layanan Dasar dan Desa/ Kelurahan menuju Benderang Informasi Publik (GBID) tingkat Provinsi NTB. Beberapa waktu lalu, Pemkot rapat koordinasi (rakor) bersama Komisi Informasi (KI) NTB diruang kerja Asisten I Setda Kota Bima.

Kepala Dinas Kominfo melalui Sekretaris, Drs Ahmadin, MAP di kantornya, mengaku,  kegiatan rakor tersebut dalam rangka kepastian dan sekaligus  persiapan pelaksanaan  Gembyar Gerakan Bersama Layanan Dasar dan Desa/ kelurahan Menuju Benderang informasi publik 2019 akan digelar dimataram pada tanggal 24 September.

Kegiatan Gebyar GBIP ini juga bertujuan dalam rangka  penguatan program PPID layanan dasar. Terutama pada bidang kesehatan dan pendidikan. Untuk itu gembar GBIP nantinya akan melibatkan seluruh puskemas dan sekolah setingkat SMA/SMK.

Ini juga kata Ahmadin, sesuai  amanat UU nomor 14 tahun 2008 tentang informasi publik. Tambahnya, bahwa kegiatan Gembyar dilaksanakan oleh KI NTB, rakor ini tujuan bertujuan untuk memastikan keikutsertaan sekolah  dan seluruh puskesmas, desa atau kelurahan , PPID utama kota Bima yaitu kominfo pada ajang  Gembyar dimaksud.

Karena Gembyar ini juga akan dihadiri oleh seluruh perwakilan dari kabupaten/ kota seluruhnya dan diperkirakan ada sebayak 1500 peserta.

Ditanyakan kesiapan Kota Bima? Diakui Ahmadin, Dari kesiapan kita tentu akan gelar rakor lebih lanjut dengan dua dinas berkaitan dengan keikutsertaan dan persiapan kita akan kita bawa saat Gembyar.

Misalnya nanti  ada rencana akan membawa satu grup sanggar pentas seni yang akan di tampilkan di acara Gembyar.

Melalui Pentas seni nanti akan disampaikan pesan dan ungkapkan mengenai bagaimana pelaksanaan informasi publik, seperti digambarkan dalal sebuah cerita dipentas.

Contoh bagaimana pendidikan dan layanan dasar kesehatab kedepannya,  Nanti akan ada panggung Gembyar. Selain acara Gembyar kata Ahmadin, Nantinya akan ada juga rangkaian kegiatan lainnya, seperti penganugrahan juara pentas seni akan diberikan penghargaan oleh KIP NTB.

Akan ada juga agenda seminar kaitan dengan KIP akan dipaparkan oleh narasumber tentunya akan menambah pengetahuan dan referensi bagi PPID di daerah. “Untuk memaksimalkan agenda tersebut kita akan koordinasi kembaki dengan OPD punya program layanan dasar dan pendidikan dan kesiapan mereka dalam kegiatan Gembyar,” terang Ahmadin. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Bima menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tenaga Informasi dan Teknologi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Launching pusat kendali Informasi Tehnologi Comand Center Kota Bima terpaksa ditunda hingga awal Maret. Alasannya karena salah satu tim ahli terkonfirmasi...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Mendukung upaya maksimalnya pelayanan  masyarakat serta verifikasi pembayaran Tukin tahun 2021, Pemkot Bima melalui Dinas Komunikasi, informatika dan Statistik (Diskominfotik) akan...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Wilayah Kota Bima yang tidak bisa akses jaringan (blank spot), hingga tahun 2021 tidak dianggarkan oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) karena...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Sesuai Perda 9 tahun 2020 tentang  Perubahan atas Perda Kota Bima 5 tahun 2016 tentang pembentukan susunan perangkat daerah Kota Bima....