Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Dirjen Holtikultura Kementan Tinjau Budidaya Tanaman Bawang Putih

Dirjen Holtikultura diwakili Direktur Pembenuhan Holtikultura RI, Ir Sukarman, meninjau budidaya bawang putih.

Bima, Bimakini.- Dirjen Holtikultura diwakili Direktur Pembenuhan Holtikultura RI, Ir Sukarman, meninjau budidaya tanaman bawang putih pada dataran rendah di So Dore Desa Lido, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima, Kamis (5/9). Kehadiran tim Kementrian itu didampingi langsung oleh Bupati Bima, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima, Camat Belo, para kelompok tani.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima, Ir Indra Jaya, mengatakan, lokasi tanaman bawang putih yang berada di  So Dore Desa Lido Kecamatan Belo ini merupakan penangkaran milik UD. Yamin, dengan luas areal 3 Ha.

“Dengan luas lahan seperti ini, kami rasa sangat cocok untuk budidaya bawang, karena keberadaan bawang putih selain tumbuh didataran tinggi juga bisa tumbuh di dataran rendah,” katanya.

Kata dia, kedatangan Dirjen Holtikultura yang diwakili oleh Direktur Pembenuhan Holtikultura RI, memberi kebanggan tersendiri.  Dengan kunjungan ini bisa melihat hamparan yang dimiliki oleh daerah Kabupaten Bima khususnya di So Dore Desa Lido ini yang sangat cocok untuk ditanami bawang putih.

“Ini salah satu contoh yang dilakukan masyarakat tani, dari kegiatan yang dilakukan ini, bawang putih bisa ditanami seperti tanaman bawang merah di dataran rendah,” ujarnya.

Sementara Menurut Dirjen Holtikultura melalui Direktur Pembenihan Holtikultura Kementerian Pertanian RI, Ir. Sukarman, mengaku lahan ini  sangat cocok untuk menanami bawang putih. Produksi bawang putih ini selain meningkatan pendapatan para petani bawang juga mengejar target swasembada bawang putih pada tahun 2019 mendatang.

“Lokasi ini dirasakan sangat sesuai dengan karakteristik tanaman bawang putih yang juga cenderung dengan iklim dataran rendah sehingga dari percobaan ini kedepanya tanaman bawang putih bisa tumbuh dan dapat ditingkatkan keberadaanya,” katanya.

Tim kementrian mengaku, akan memberikan keperluan yang dibutuhkan masyarakat tani, sehingga produksi bawang putih bisa ditingkatkan harga jualnya.

“Swasembada bawang putih jarus bisa kita capai melalui petani yang ada di Kabupaten Bima, ini adalah tugas dan pekerjaan harus menjadi target, ” pungkasnya. (MAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Bima, Bimakini.-  Salah satu wilayah atau Kecamatan yang memproduksi bawang putih berskala besar adalah Kecamatan Lambitu. Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE mengaku,...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Aula pertemuan adalah sebuah ruangan yang mestinya digunakan untuk mengadakan pertemuan publik atau pertemuan anggota organisasi seperti sekolah dan lainnya. Berdasarkan pantauan...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, mengajak petani bawang putih untuk terus menumbuh kembangkan hasil produksi. Kabupaten Bima harus menjadi bagian...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Sepekan memasuki bulan ramadhan, sejumlah harga komoditas di sejumlah pasar tradisional di Kota Bima mulai tidak stabil. Komoditi bawang putih misalnya...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Untuk mendukung Swasembada Pangan Nasional, Pemerintah Pusat melalui  APBN Tahun 2019 akan mengembangkan penanaman Bawang Putih dengan luas 100 hektar di Kabupaten...