Ekonomi

Distambun Mulai Salurkan Bibit Tanaman Tumpang Sari

Bima, Bimakini.- Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distambun) Kabupaten Bima mulai salurkan bibit tanaman tumpang sari yakni padi dan jagung untuk kebutuhan para petani di tujuh kecamatan yang ada di Kabupaten Bima. Pendistribusian bibit padi ini masuk pada program tumpang sari menghadapi Musim Hujan (MH) Tahun 2019.

Kepala Bidang Tanaman Pangan, Mansyur S.P  menyampaikan, penyaluran mulai dilakukan beberapa waktu lalu. Yakni untuk tujuh kecamatan. “Sekarang sudah disalurkan wilayah Kecamatan Tambora, Lambitu dan lainnya,” ujar Mansyur.

Lanjut dia, bantuan ini bersumber dari pemerintah pusat dengan alokasi luas lahan sebanyak 14. 144 Ha. “Wilayah yang terkafer dapat bantuan ini yakni Sape, Bolo, Ambalawi, Soromandi, Tambora, Lambitu dan Sanggar,” terangnya.

Dijelaskannya, bantuan tersebut sesuai permintaan atau pengajuan para petani di tahun sebelumnya. “Bibit padi ini beberapa macam farietas. Antara lain, Situbagendit, Ciherang dan lainnya,” tuturnya.

Untuk mengetahui kualitas sejumlah benih, sebelumnya sudah diperiksa oleh pihak Balai Pembenihan Sertifikasi Benih (BPSB) Provinsi NTB yang diwakili oleh petugas BPSB Kabupaten Bima. Sedangkan terkait bantuan benih jagung sambungnya sebanyak 212 ribu 160 kg, dengan jenis Varietas Premium 909. “Masalah penyaluran benih jagung tergantung kesiapan petani dan unsur terkait. Yang jelas akan dikawal oleh pihak keamanan,” ungkapnya.

Dikatakan, adapun tujuan pemerintah memberikan tanaman Tumpang Sari ini dengan harapan mampu meningkatkan Indeks Produksi (IP) khususnya wilayah Kabupaten Bima. “Pemerintah sangat berharap adanya peningkatan indeks produksi pertanian. Sehingga terwujud kesejahteraan bagi petani,” tutupnya. (KAR)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top