Peristiwa

Kodim 1608/Bima Aksi Bersih-bersih DAS di Kendo dan Pantai Panda

Bima, Bimakini.- Menyambut HUT ke-74 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kodim 1608/Bima mengadakan berbagai kegiatan sosial dan peduli lingkungan baik di wilayah Kota Bima maupun Kabubaten Bima. Kegiatan tersebut dilakukan dua hari Jumat dan Sabtu.

Dandim 1608/Bima Letnan Kolonel Inf Bambang Kurnia Eka Putra memimpin langsung karya bhakti membersihkan daerah aliran sungai (DAS) di Kota Bima dan pantai di Panda Kabupaten Bima. Di Kelurahan Kendo Kecamatan Raba Kota Bima, membersihkan sepanjang DAS, terutama di dekat pemukiman warga. Selain melibatkan anggota, kegiatan itu juga masyarakat.

Setelah Kendo, dilanjutkan di pantai di Desa Panda Kecamatan Palibelo dengan pegawai lingkup Pemkab Bima. “Karya bhakti di Kelurahan Kendo melibatkan sekitar 800 personel Kodim, Kompi A Yonif 742/SWY, Polsek Rasanae Timur, Satpol PP Kota Bima, ibu-ibu Persit KCK Kirana Cabang Bima dan masyarakat, Camat Raba, perwakilan instansi terkait dan Lurah Kendo,” jelas Dandim, Sabtu (21/9).

Dandim mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak yang telah membantu mensukseskan karya bhakti pembersihan DAS sebagai salah satu langkah nyata menjaga kebersihan dan kelancaran saluran air untuk pertanian.

“Ini upaya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan agar tetap terlihat bersih dan tidak ada sumbatan yang disebabkan sampah atau lainnya,” ujarnya.

Menurutnya, sungai yang dekat dengan pemukiman tersebut apabila tersumbat dan airnya tidak lancar akan memberikan dampak negatif langsung kepada warga sekitar maupun para petani yang memanfaatkan saluran.

“Karya bhakti ini memberikan dua manfaat sekaligus baik untuk warga di sekitar sungai maupu bagi para petani yang menggunakan saluran sungai untuk kebutuhan pemenuhan air sawah ataupun ladang mereka,” terangnya.

“Taman Panda dikunjungi oleh masyarakat berbagai daerah, jadi harus bebas dari sampah terutama pantainya,” katanya. (MAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 8
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top