Peristiwa

Lahan HGU Sanggar Agro Terbakar, Aparat Bantu Padamankan

Lahan yang terbakar.

Bima, Bimakini.- Aparat gabungan TNI dan Polri memadamkan lebih dari satu titik api yang membakar hutan dan lahan di lokasi HGU milik PT. Sanggar Agro Karya Persada, di Desa Oi Katupa, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima, Selasa (17/9).

Kata Kapolres Bima melalui Kasubag Humas IPTU Hanafi, pemadaman tersebut dilakukan oleh personel gabungan Polres Bima dan Dentasemen Brimob sebanyak 34 orang. Pemadaman dipimpin Kasi Propam Polres Bima, IPTU Saiful.

Selain itu, kata dia, tim dibantu Personel Polsek Tambora, Sanggar dan Posramil Tambora. “Kebakaran tersebut berdasarkan informasi dari Gunawan selaku Koordinator Lapangan Askep PT. Sanggar Agro, melaporkan lahan HGU Perusahaan terbakar,” katanya.

Dilaporkan pula luas lahan yang terbakar kurang lebih 174,29 Ha. Data tersebut diperoleh melalui citra Sateli GPS yang memantau area dari Blok D32 s/d Blok D46.

“Disamping itu kawasan Taman Nasional Tambora yang berbatasan dengan lahan Perusahaan juga mengalami kebakaran seluas 3 Ha,” katanya.

Lanjut Hanafi sedangkan titik api berlokasi di So Bili yamg terletak antara perbatasan Kecamatan Sanggar dan Kecamatan Tambora sudah bisa dipadamkan dengan menggunakan tujuh unit truk tangki air milik Perusahaan Sanggar Agro.

“Saat kami personil gabungan memadamkan api, Alhamdulillah di wilayah Desa Oi Katupa dan sekitarnya saat itu diguyur hujan lebat, sehingga api mampu dipadamkan,” ungkapnya.

Lahan milik PT Sanggar Agro yang terbakar ditanami pohon kayu putih. Disamping itu terdapat rerumputan kering dan semak belukar yang sangat mudah  terbakar.

“Awal kebakaran lahan tersebut. titik api berasal dari pinggir pantai di BLOK D32 dan BLOK D40, waktu kejadian yaitu pada hari Selasa tanggal 17 sekitar pukul 10.30 wita, angin laut bertiup sangat kencang sehingga titik api cepat menyebar ke lokasi lain,” katanya.

Lanjut dia, dalam dua bulan terakhir kebakaran hutan dan lahan di lahan milik PT. Sanggar Agro sudah terjadi 2 kali. Pada akhir Agustus 2019 terbakar seluas 129 Ha, dan pada 17 September seluas 174, 29 Ha.

“Penyebab terjadinya masih dilakukan penyelidikan Kepolisian Sektor Tambora dan berupaya menggali informasi dan mendalami penyebab terjadinya kebakaran lahan milik PT Sanggar Agro,” kata dia.

Kepolisian menghimbau dan mengajak masyarakat berdomisili di sekitar lahan, tidak sembarang membuang puntung rokok. Pastikan api rokok tersebut sudah benar-benar padam, sehingga tidak menimbulkan kebakaran hutan. (MAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 5
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top