Ekonomi

Petani Bolo dapat Bantuan 24.560 Kg Bibit Tanaman Tumpang Sari

Bantuan bibit tanaman tumpang sari.

Bima, Bimakini.- Untuk membantu kebutuhan petani, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima melalui dinas terkait menyalurkan bantuan tanaman tumpang sari yakni benih padi dan jagung. Untuk wilayah Kecamatan Bolo, total bantuan yang didapat sebanyak 24.560 kilo gram dengan luas lahan 614 hektar.

Sekretaris UPT. Pertanian Kecamatan Bolo, Syafrudin, SP, mengungkapkan, program tumpang sari ini diperuntukan lahan sawah tadah hujan. Sedangkan  jatah yang didapat sebanyak 24.560 kilo gram sesuai luas lahan yang diajukan yakni 614 hektar. “Program ini khusus lahan sawah tadah hujan. Untuk lahan tegalan dan lainnya tidak tercakup untuk dapat bantuan tanaman tumpang sari,” jelas Syafrudin.

Dari total bantuan yang didapat, lanjut Syafrudin, untuk padi sebanyak 15.350 kilo gram dan untuk jagung sebanyak 9.210 kilo gram. “Untuk padi varietas Inpari 42 dengan label ungu. Sedangkan jagung varietas Premium,” tuturnya.

Dijelaskannya, penyaluran benih padi sudah dilakukan beberapa waktu lalu sedangkan untuk benih jagung masih dalam proses pengiriman. “Tahun ini pengadaan benih di luar Kabupaten Bima. Sehingga harus menunggu proses pengiriman,” ujarnya.

Salah satu petani asal Desa Tambe, Syarifudin, menyampaikan, mewakili petani lainnya berterima kasih atas bantuan pemerintah. Hanya saja untuk bantuan benih jagung harus diperhatikan jenis benih yang berkualitas atau bermutu. “Kita ucapkan terima kasih atas bantuan ini. Tapi pemerintah harus cari benih yang unggul agar hasil produksi meningkat,” pungkasnya. (KAR)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 6
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top