Olahraga & Kesehatan

PKM Mpunda dapat Akreditas Utama

Drs H Azhari, MSi

Kota Bima, Bimakini.- Prestasi membanggakan ditorehkan Puskemas (PKM) Mpunda, Kota Bima. Sesuai surat Komisi Akreditasi Kementerian Kesehatan RI telah menetapkan Puskesmas Mpunda mendapatkan status akreaditasi Utama.

Sebelumnya Pemkot Bima melalui Dinas Kesehatan mampu mengantarkan RSUD Kota Bima mendapatkan akreditasi tinggi dari badan akreditasi Independen. Kini pun PKM Mpunda mendapatkan penilaian Utama ditahun 2019.

Kepala Dikes Kota Bima, Drs H Azhari mengatakan, akreditas Utama ini merupakan Lompatan luar biasa dari sebelumnya yang hanya tingkat Dasar.

Hasil ini tidak naik bertahap mengikuti anak tangga, tapi lompatan melewati dua anak tangga hingga peroleh nilai Utama.

” Insya Allah ke depan tinggal satu langkah akan meraih tingkatan tertinggi yaitu Paripurna. Amiiin,” harapnya.

Tentunya Raihan ini tak lepas dari kerja keras seluruh jajaran ada di PKM Mpunda selama ini. Salah satunya dalam hal pelayanan serta berbagai informasi telah diciptakan.

Kata Azhari, penetapan PKM Mpunda dengan akreditas UTAMA berdasarkan putusan dari Kementerian Kesehatan RI, Direktorat Pelayanan Kesehatan, Komisi Akreditas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pratama dengan nomor YM.02.01/VI.14/706/2019.

Tambah Azhari, akreditas UTAMA diraih PKM Mpunda Kota Bima setelah diusulkan melalui Dinas Kesehatan provinsi NTB. Kemudian ditindaklanjuti penilaian  oleh   tim akreditasi.

“Ada 5 status kelulusan akreditasi puskesmas di Provinsi NTB, salah satunya Puskesmas Mpunda dan meraih akreditasi utama,” ujar Azhari.

Dengan penetapan status tersebut sambungnya, maka bagi puskesmas yang terakreditasi akan

diberikan sertifikat akreditasi puskesmas dan rekomendasi hasil survei.

Tidak puas sampai disitu, lanjutnya, bahwa untuk selanjutnya, pihaknya akan terus mendorong PKM lainnya ada di Kota Bima mendapatkan predikat sama. Dan tentunya tak lupa akan terus tingkatkan pelayanan pada masyarakat. (DED)

Share
  • 8
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top