Pendidikan

Siswa MIN Kota Bima Ikuti Kegiatan Literasi Mbojo Tana’o

Siswa saat kegiatan literasi di Markas Mbojo Tanao.

Kota Bima, Bimakini.-  Siswa MIN Kota Bima  mengikuti kegiatan literasi “Mbojo Tana’o” di Museum Asi Mbojo, Sabtu (28/9) sekitar pukul 09.00 WITA. Kegiatan diikuti seluruh siswa kelas VI/A dan didampingi Wali Kelas, Masyita, SPd.

Selain siswa, orang tua juga ikut serta. Siswa membaca buku yang disediakan dan dibagi dalam beberapa kelompok. Mereka memilih buku yang disukainya.

Setelah itu perwakilan kelompok menyimpulkan materi yang dibacanya dan disampaikan di depan rekan-rekannya. Orang tua siswa, juga disediakan buku bacaan untuk kalangan dewasa. Sekitar 10 menit siswa larut dalam bacaannya masing-masing.

Ghozi, perwakilan salahsatu kelompok siswa tampil percaya diri dan meringkas buku ‘Jalan Menuju Surga’ yang baru saja dibacanya. Dia menyebut, terdapat sejumlah amalan yang dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Yakni tidak terjebak perbuatan syirik, tidak menyakiti binatang, rajin beribadah, dan lainnya.

Perwakilan siswa lainnya juga menyampaikan intisari sesuai materi bacaannya.  Saat itu, siswa juga dibekali wawasan tentang obat-obatan. Dua Apoteker memaparkan seputar obat-obatan, cara mengenali, penggunaan, dan membuangnya. Mereka dikenalkan beragam jenis obat dan teknis mengenali dan menggunakannya sesuai ketentuan medis.

Wali Kelas VI/A MIN Kota Bima, Masyita, SPd, menyatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman antara MIN Kota Bima dengan Komunitas Mbojo Tana’o pekan lalu. Perwakilan kelas akan mendatangi Asi Mbojo untuk mengikuti kegiatan itu.

“Digilir setiap kelas. Kegiatan perdana ini dilakukan  siswa kelas VI/A. Kegiatan seperti ini juga dilakukan pada sore hari setiap Selasa dan Sabtu,” katanya di lokasi kegiatan, Sabtu.

Wakil Koordinator Kegiatan Literasi MIN Kota Bima ini juga menilai apa yang dilakukan saat sangat positif bagi siswa, karena menambah wawasan dan pengetahuan mereka. Tercipta suasana interaktif di antara mereka, dan merangsang motivasi siswa untuk belajar lebih rajin lagi. “Selain itu, siswa dibekali pengetahuan lain, seperti dunia apoteker, sehingga mereka tahu gambaran masa depan dan aneka profesi yang ada,” ujarnya.

Pekan lalu, Komunitas Gerakan Mbojo Tana’o dan MIN Kota Bima menandatangani nota kesepahaman soal kegiatan literasi. Penandatanganan dilakukan di MIN Kota Bima dalam prosesi yang meriah. (IAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 34
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top