Peristiwa

Tanggulangi Krisis Air Bersih, Pemdes Ncandi Bangun Irigasi

Kades Ncandi, M. Said H. Mansyur

Bima, Bimakini.- Upaya menanggulangi krisis air bersih yang terjadi di Dusun Sambi Pajo Desa Ncandi Kecamatan Madapangga. Pemerintah Desa (Pemdes) setempat membuat irigasi pipa penyalur air bersih.

Kepala Desa (Kades) Ncadi, M. Said H. M Mansyur, mengungkapkan, program pembuatan saluran irigasi pipa tersebut atas usulan warga yang mengeluhkan terkait krisisnya air bersih. “Akibat Musim Kemarau (MK) yang berkepanjangan sehingga dampaknya krisi air bagi warga,” ucap M. Said.

Jarak antara Dusun Sambi Pajo dengan tempat air bor yang akan disambungi pipa ini sekitar satu kilo. Sementara air bor yang sudah ada sejak dua tahun  lebih itu diperuntukkan untuk perkampungan yang lain, tapi karna tahun ini warga dusun Sambi pajo juga butuh, terpaksa kita bagi-bagi,” teranganya.

Dirinya berencana untuk tahun depan akan membuat bak penampung di sekitar tempat air bor tersebut, sehingga aliran air yang mengalir kebawah agak lebih besar. Bahkan Ia berencana akan memakai genset untuk pembangkit listriknya.

“Besok kita akan buat bak penampung dan pembangkitnya pakai genset, supaya tidak pakai listrik token lagi, nanti tunggu anggaran perubah semua akan kita selesaikan,” ungkapnya.

Kepada warga Ncandi khususnya Dusun sambi pajo,agar sama-sama menjaga irigasi pipa tersebut, sehingga aliran airnya tetap berjalan lancer,” imbuhnya. (KAR)

Share
  • 5
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top