Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Wali Kota Bima Disarankan Tindaklanjuti Rekomendasi KASN

Dr Ridwan, SH, MH

Kota Bima, Bimakini.- Lambanya sikap Wali Kota Bima, HM Lutfi SE dalam menindaklanjuti rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk mengembalikan jabatan ASN yang dimutasi, membuat kalangan akademi angkat bicara.

Salah satu akademisi Kota Bima, Dr Ridwan, SH, MH menyarankan agar Wali sesegera mungkin menindaklanjuti rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara tersebut.

Karena menurut Ketua Prodi Ilmu Hukum STIH Muhammadiyah Bima ini, KASN lembaga negara non struktural yang dibentuk dalam Undang Undang. Ridwan menegaskan, mengabaikan rekomendasi lembaga negara sama saja membibit masalah yang justru akan kontraproduktif dengan semangat visi dan misi pemerintah daerah.

“Sebaiknya wali kota memperhatikan dan menindaklanjuti rekomendasi KASN,” ujarnya. Sebab jika diabaikan dan dibiarkan berlarut, wali kota dan masyarakat Kota Bima sendiri yang rugi dan dirugikan,” tegasnya.

Dijelaskannya, akan ada banyak implikasi destruktif yang tidak produktif. Baik politik, sosiologis, manajemen bahkan hukum yang harus ditanggung. Sehingga kata Ridwan, lebih baik wali kota fokus pada hal-hal yang lebih besar untuk ditangani. Terutama, pembangunan yang berkaitan langsung dengan kepentingan rakyatnya. Seperti, perbaikan Sumber Daya Manusia (SDM) hingga persoalan sosial lain.

“Energi kita sebaiknya diarahkan untuk membaca peluang dan kesempatan menatap masa depan demi kesejahteraan seluruh warga Kota Bima,” tandas Ridwan.

Pria yang meraih gelar doktor diusia muda ini juga berharap, adanya soliditas dan penciptaan suasana yang harmonis antar semua lembaga pemerintahan. Kegaduhan politik dan kepntingan, justru akan memunculkan iklim pemerintahan yang tidak sehat.

“Kondusifitas birokrasi itu penting, sebagai bentuk kekompakan. Kebijakan yang dihasilkan bagus dan realisasinya pun nyata dirasakan masyarakat,” pungkasnya. (IKR)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Opini

Oleh : Munir Caleg DPRD Kota Bima Dapil KEC. Asakota   Berita media online, rekomendasi KASN pembatalan pelantikan pejabat di Kota Bima. Menarik di...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE, akhirnya melaksanakan rekomendasi Komisi ASN RI. 12 pejabat yang sebelumnya didemisi, dikembalikan jabatannya. Pengembalian...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Lambannya Pemerintah Kota Bima dalam menindaklanjuti hasil rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk mengembalikan jabatan kepada para Aparatur Sipil Negara...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pemkot Bima belum menerima rekomendasi Komisi ASN soal mutasi jabatan beberapa waktu lalu. Bahwa KASN memerintahkan Wali Kota Bima untuk mengembalikan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Polemik mutasi dan rotasi di kubu Pemerintahan Kota Bima beberapa waktu yang lalu kini menuai titik terang. Setelah menjalani sejumlah proses...