Ekonomi

Yayasan Rimpu Gelar Kain Uggulan Nusantara 2019

Jakarta, Bimakini.- Gelar Kain Uggulan Nusantara 2019 adalah adalah satu persembahan dari 200 Perajin Pilihan dari berbagai pelosok Nusantara. Acara ini diselenggarakan oleh Mistindo Connexion (MICE) yang disupport oleh Komunitas Cinta Berkain Indonesia (KCBI), Yayasan Rimpu, What’s On Jakarta, Mitra Seni Indonsia dan RPG.

Ketua Yayasan Rimpu, H Dudi Fakhrudin menjelaskan, kegiatan mengambil tempat strategis di Jakarta yaitu Hall Cendrawasih dapan gedung Jakarta Convention Centre (JCC) yang berlangsung dari 25 sd 29 September 2019.

“Ini adalah Kegiatan Perdana Yayasan Budaya Rimpu Nusantara (Yayasan Rimpu) pasca terbentuknya secara resmi Maret 2019 lalu. Kegiatan Pameran ini untuk mempromosikan Kain Tenun Bima Dompu. Ini merupakan salah satu langkah kongkret sebagai penjambaran dari Visi dan Misi Yayasan Rimpu yaitu melakukan promosi untuk membantu membuka dan memperluas pasar produk kain tenun Bima Dompu,” ujarnya.

Dalam  kegiatan ini, lanjutnya, Yayasan Rimpu membukan satu Stand/booth dengan nama GALLERY RIMPU. Di dalamnya dipamerkan dan dijual berbagai jenis kain Tenunan Bima Dompu, olahan Kain berupa pakaian, kerudung, Turban serta aksesoris.

“Walau saat pelaksanaan acara bertepatan dengan Demo Masa Mahasiswa  di Gedung DPR/MPR yang bersebelahan dengan Gedung JCC, tindak menyurutkan antusiasme dari penyeleggara dan para pelaku usaha untuk tetap memamerkan produk-produk unggulan dari berbagai daerah se Nusantara, Antusiasme pengunjungpun sangat tinggi dan tidak terpengaruh dengan kondisi yang sedang terjadi di luar gedung,” ujarnya.

Sementara, pada 27 September 2019, Yayasan Rimpu berkolaborasi dengan Komunitas Cinta Berkain Indonesia mengadakan Fashion Show. Tujuannya  memamerkan kain-kain tenun Bima Dompu serta pakaian olahan.

Saat pameran, salah satu seniman dan sutradara berdarah Bima yang bisa disapa Saad Bima mendendangkan lagu-lagu Bima Dompu. Sekaligus sebagai musiklatar atas jalannya Fashion Show.

“Kegiatan Fashion show ini disambut dengan tepuk tangan yang meriah dari para pengunjung Pameran yang datang. Tak Ayal beberapa koleksi yang dipamerkanpun diburu oleh para pengunjung,” terangnya.

Sementara itu, Sekertaris Yayasan Rimpu, Jamaluddin menyampaikan, pihaknya masih sangat antusias dan akan tetap bersemangat untuk untuk melakukan hal hal positif seperti ini. “Ini adalah peran kami sebagai warga Bima Dompu dalam ikut meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan para pelaku Industri Keratif dan UMKM Bima Dompu dengan membantu membuka dan memperluas pasar bagi produk produk mereka. Ke depan kami memiliki cita cita untuk mengadakan pendidikan, pelatihan dan pengarahan kepada pelaku industri kain Bima Dompu untuk meningkatkan kualitas dan kuatitas produksi dan dalam melaksanakan hal ini kami kami sangat berharap pihak Pemerintah bisa membantu kami dalam mewujudkan hal ini,” pungkasnya. (IAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top