Pemerintahan

2020, Nama Program Hibah Bantuan Usaha Diubah

Drs H Fakhruranji

Kota Bima, Bimakini.- Rencana dan visi Wali dan Wakil Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi dan Feri Sofiyan menggelontorkan anggaran miliaran guna membantu usaha masyarakat serta menuntaskan pembangunan masjid Agung Al Muwahiddin belum sempat terealiasi tahun 2019 ini. Namun  akan diluncurkankembali pada program sama di tahun 2020.

Walaupun sebenarnya sudah direncanakan dengan matang, bahkan sudah dialokasikan anggarannya di APBD tahun 2019. Karena ketidaksiapan pejabat OPD terkait, hingga tidak dapat direaliasikan.

Kepala Bappeda Litbang Kota Bima, Drs H Fakhruranji dikonfirmasi diruang kerjanya, Senin (28/10) mengaku, kelanjutan program pembangunan masjid Agung Al Muwahiddin dan bantuan hibah bagi pengembangan dan terciptanya usaha kelompok masyarakat akan diprogramkan kembali tahun depan. Sebelumnya juga sudah berlangsung Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan dewan tentang kendalanya.

Kata dia, untuk program bantuan usaha di tahun 2020 akan diubah bentuknya. Yaitu program peningkatan pendapatan masyarakat dan kesempatan kerja.  “Artinya tidak hanya masyarakat tidak mampu dapat bantuan, tetapi bagian siapapun dalam kelompok mau membuka usaha dan kesempatan kerja,” ujarnya.

Karena  jika diberikan pada  kelompok tidak mampu, penerimanya wajib masuk dalam data terpadu pada Dinsos. Sehingga diubah melalui program hibah, karena tujuan bantuan ini menciptakan usaha baru dan mendorong pengembangan usaha kecil .

Seperti, usaha Tenun, bakulan, peternakan, perbengkelan dan lainnya nantinya akan masuk melalui beberapa OPD, pada Dinas Pertanian, Perikanan, Perindag, Disos pun dinas Pariwisata tergantung prodak usaha diajukan.

Tambahnya, bahwa program ini tentunya akan memberikan rangsangan bagi masyarakat untuk membuka peluang usaha. Dengan demikian dari 1000 kelompok saja bisa membuka puluhan ribu peluang kerja kedepannya. “Bapedda wajib mengawalnya, dan kami pastikan akan kembali diluncurkan pada tahun 2020,” ujarnya.

“Sesuai arahan pimpinan tetap akan dilanjutkan dan diluncurkan pada 2020. Karena program tersebut merupakan keinginan kuat dari kepala daerah bagi penuntasan masjid Agung dan bantuan usaha bagi masyarakat,” ujarnya. (BE06)

Share
  • 46
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top