Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

548 Tenaga Operator Ikuti Sosialisasi Pelaporan Data SIP

Bima, Bimakini.- Sebanyak 548 tenaga operator sekolah mengikuti sosialisasi Pelaporan Data Sistem Informasi Pendidikan (SIP) dan Penyerahan SK / Insentif Bagi Operator Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama yang digelar oleh Dikbudpora Kabupaten Bima, di gedung Kurnia Kecamatan Bolo, Kamis (24/10).

Ketua Panitia pelaksana Juwaidin mengatakan, keberadaan operator sekolah tidak bisa dianggap remeh dan dipandang sebelah mata. Pasalnya, operator merupakan salah satu bagian yang sangat berperan  dalam penyelenggaraan pendidikan di Kabupaten Bima.

“Kesuksesan penyelenggaraan pendidikan juga tidak terlepas dari peran  penting para operator pendidikan,” ujarnya.

Kata dia, sama dengan keberadaan para guru–guru, operator sekolah juga harus amanah dan jujur, karena memiliki kemampuan mengakses dan mengendalikan data pendidikan. “Karenakalau tidak jujur dan amanah, bisa rusak data yang diimput,” katanya.

Dia membeberkan, kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh operator sekolah Dasar dan Sekolah Menengah pertama se Kabupaten Bima dengan jumlah 548 orang tenaga operator dari 18 kecamatan. Jumlah tersebut dibagi dalam dua bagian, yakni operator sekolah tingkat SD berjumlah 414 operator dan 134 operator SMP.  “Ikut serta juga 18 operator di masing–masing kecamatan,” bebernya.

Kepala Dikbudpora Kabupaten Bima Zunaiddin menyampaikan, dengan adanya kegiatan tersebut, untuk mengelola sistem pendidikan di wilayah Kabupaten Bima dengan data yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk mewujudkan basis data yang relasional bisa diwujudkan. “Dengan begitu data yang berkualitas yang diimput melalui aplikasi mampu diwujukan,” ujarnya.

Kegiatan tersebut juga kata dia, sebagai ruang untuk menyamakan persepsi dan pemahaman serta memberikan infomasi kebijakan pendataan, meningkatkan kapasitas operator sekolah mengenai cara penginputan dan pembaharuan data yang terdapat dalam aplikasi Dapodik versi 2019. “Karena itu kepada para operator sekolah dapat melakukan pelaporan sesuai dengan fakta di lapangan,” imbaunya. (KAR)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Kasi Pendidik dan Pendidikan Dikbudpora, Dr. Juwaidin, M. Pd meminta Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri memperhatikan insentif operator SD dan SMP...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Pergantian operator dilakukan oleh Kepala SDN 9 Sila Kecamatan Bolo. Praktis, harapan operator mendapatkan surat keputusan (SK) pengangkatan dari Bupati Bima pun kandas....