Politik

Ada Pejabat Pemkab Rapat Konsolidasi Jelang Pilkada

Drs H Dahlan M Nor, MPd

Bima, Bimakini.- Wakil Bupati (Wabup) Bima Drs. H Dahlan M. Noer, M. Pd, meminta ASN lingkup Pemkab Bima, tetap fokus menjalankan roda pemerintahan.  Jangansampai  terlibat politik praktis, apalagi menjelang Pilkada 2020.

“Saya mendapat laporan, ada pejabat lingkup Pemkab Bima melakukan rapat tertutup menjelang tahun politik. Saya tegaskan jangan sampai laporan ini benar menggiring keterlibatan ASN pada Pilkada, tolong jaga netralitas ASN,” ujar Dahlan saat memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila, Selasa (1/10).

Dia mengaku, laporan yang diterimanya bisa dipercaya. Sebagai Wabup meminta agar tidak menggiring dan memberi dukungan pada siapapun, sebab itu bukan tugas dan fungsi ASN.

“ASN dilarang mengikuti kampanye dan wajib fokus dengan tugasnya sebagai pelayan masyarakat, jangan ciderai jabatan dengan ikut terlibat politik praktis,” ingatnya.

Dia juga mengatakan, larangan ASN tidak ikut berpolitik telah diatur dalam undang- undang. Juga Peraturan Pemerintah baik tentang Pembinaan jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil maupun tentang disiplin.  Ini untuk menghindari adanya persepsi buruk publik terhadap netralitas ASN.

“ASN harus memosisikan diri dengan tepat, apabila ada ASN yang coba-coba melibatkan diri dalam politik praktis, kami selaku kepala daerah tidak segan-segan memberikan sanksi yang berat terhadap ASN tersebut,” tegasnya.  (MAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 119
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top