Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Bapedda dan Litbang Kota Bima Gelar  FGD Rancangan ASB  Tahun 2019

Kota Bima, Bimakini.- Pemerintah Kota Bima melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) menggelar Diskusi Kelompok Terarah/Focus Group Duscussion (FGD) Rancangan Analisis Standar Belanja (ASB) Kota Bima Tahun 2019 di Aula Kantor Walikota Bima, Rabu (09/10).

Acara yang dibuka oleh Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE. Hadir juga  Sekretaris Daerah Kota Bima Drs H Mukhtar MH, Pimpinan Perangkat Daerah lingkup pemerintah Kota Bima, Kepala Bagian hingga para pejabat pemerintah Kota Bima dari berbagai tingkatan.

Kepala Bappedalitbang Kota Bima, Drs H Fakhrunraji, ME menjelaskan, Rancangan Analisis Standar Belanja (ASB) merupakan salah satu instrumen yang disiapkan oleh pemerintah daerah. ASB  sebagai dasar pengukuran kinerja keuangan daerah dalam mengalokasikan nilai belanja yang sama.

“ASB diharapkan mampu mengefisiensi anggaran belanja daerah serta dapat menghindari ketimpangan-ketimpangan yang terjadi didalamnya,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi menekankan, ASB merupakan titik tolak yang sangat penting dalam langkah penyusunan program kegiatan. Sehingga dapat menentukan kewajaran biaya dalam melaksanakan suatu kegiatan.

“ASB merupakan bentuk penataan pola yang dapat menghindari kita dari pemborosan penggunaan terhadap uang Negara,” ungkapnya.

Walikota memberikan arahan kepada seluruh perangkat daerah untuk menjalankan program kegiatan dengan standar biaya yang sama. ASB merupakan keharusan didalam menentukan biaya kegiatan pada suatu program kerja.

“Analisis Standar Biaya ini merupakan atensi dari KPK dan sudah kita masukan dan tetapkan untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020,” jelasnya. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Bappeda Litbang menyelenggarakan Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Walikota Bima tentang Pedoman Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah dan Rancangan Perwali tentang pedoman...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Sorotan dewan tentang terlambatnya penyerahan dokumen refocusing ditanggapi oleh Kepala Bapedda dan Litbang, Muhammad Fakhrunraji. Dijelaskannya, pembehasan sudah selesai, hanya tinggal...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.-  Meskipun dijadwalkan Selesai per 31 Maret, ternyata Proses Refocusing anggaran Kota Bima tahun 2021 untuk penanganan Covid19 masih berlanjut sampai pekan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Sesuai program tertuang dalam RPJMD kota Bima, penuntasan masalah air bersih, kesehatan dan kawasan kumuh menjadi prioritas pembangunan. Termasuk di dalamnya...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Mantan Wakil Walikota Bima, H Arahman H Abidin akhirnya memenuhi panggilan penyidik Polres Bima Kota sebagai saksi kasus dugaan korupsi honor...